Percepatan Transformasi Digital, Pemprov Riau Taja FGD

Percepatan Transformasi Digital, Pemprov Riau Taja FGD

16 Mei 2023
Peserta FGD Percepatan Transformasi Digital di Riau

Peserta FGD Percepatan Transformasi Digital di Riau

RIAU1.COM - Saat focus group discussion (FGD)  Dewan Teknologi Informasi Daerah (Wantikda) Riau, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Riau, Erisman Yahya meminta Wantikda dapat membantu Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik dan pelayanan publik yang prima berbasis teknologi informasi.

“Wantikda diharapkan dapat mampu membantu Pemprov Riau dalam upaya percepatan pencapaian misi ke - 5 Provinsi Riau, sebagaimana tercantum dalam RPJMD Provinsi Riau 2019-2024,” kata Erisman Yahya.

Kemudian, Wantikda diminta untuk terlibat dalam mewujudkan keselarasan antara tuntutan kebutuhan masyarakat yang komplit dan mendesak dengan pelayanan publik yang mumpuni .

“Dengan pelayanan publik yang mampu diberikan oleh Pemprov Riau, khususnya dalam hal transformasi digital,” ujarnya.

Terakhir, Wantikda diharapkan dapat berperan sebagai motto utama dan pengendali dalam memberikan pengawasan arah kebijakan teansformasi digital.

“Ini juga menjadi harapan Pak Gubernur pada saat melantik pengurus Wantikda waktu itu,” ujar Erisman Yahya.

Sementara itu Wakil Ketua Wantikda Riau, Dadang Syarif menuturkan, untuk mendukung terjadinya percepatan transformasi digital di Provinsi Riau diperlukan budaya digital dan regulasi yang mendukung digitalisasi tersebut.

Selain itu, menurutnya terdapat beberapa poin yang perlu dicapai untuk mewujudkan hal tersebut, seperti ketersediaan infrastruktur, pengambilan keputusan berdasarkan data.

“Serta penting pula memiliki pemerintahan yang adaptif, dan ketersediaan sumber daya manusia yang berkualitas,” ujarnya.*