Perkembangan Nilai-nilai Islam di Riau Disebut Sangat Pesat

Perkembangan Nilai-nilai Islam di Riau Disebut Sangat Pesat

13 Juli 2023
Seminar Nasional MUI Riau

Seminar Nasional MUI Riau

RIAU1.COM - Seminar nasional Komisi Ukhuwah Majelis Ulama Indonesia (MUI) 2023 Rabu (12/7/2023) dihadiri Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau Zulkifli Syukur.

Kepala Biro Kesra Zulkifli Syukur menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pengurus MUI Riau beserta jajaran yang telah menyelenggarakan acara ini.

“Pemerintah Provinsi sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan ini, karena ini merupakan salah satu bentuk dari dorongan motivasi serta acuan yang diberikan oleh MUI Provinsi Riau untuk terus menjadikan Provinsi Riau sebagai Provinsi yang unggul, bermartabat dan sejahtera,” ujarnya.

Zulkifli juga menyebutkan terkait kondisi remaja generasi saat ini yang minim akhlak dikarenakan kurangnya pengetahuan tentang agama.

“Saat ini banyak sekali kejahatan-kejahatan yang dilakukan oleh anak remaja bahkan anak di bawah umur, salah satu penyebabnya adalah sedikitnya pengetahuan ilmu agama yang dimiliki oleh anak tersebut,” ungkapnya.

Maka dari itu, melalui kegiatan ini, Zulkifli berharap Pemerintah Provinsi Riau dapat memberikan perhatian kepada generasi sekarang untuk mendekatkan nilai-nilai agama di kehidupan sehari-hari.

Kemudian juga mengenai perkembangan nilai-nilai islam di Provinsi Riau sangatlah pesat, mulai dari masjid yang semakin banyak, dan pondok-pondok pesantren yang terus bertambah, namun hal ini juga menjadi tantangan yang harus kita hadapi karena generasi saat ini banyak yang tidak tertarik dengan budaya islam.

“Di tahun 2020 pondok pesantren di Provinsi Riau hanya berjumlah 270, namun saat ini sudah lebih dari 460 pondok pesantren tersebar di seluruh Provinsi Riau, luar biasa perkembanganya , namun ini juga menjadi sebuah tantangan bagi pemerintah Provinsi Riau untuk mendekatkan anak-anak generasi saat ini ke budaya islam yang sudah semakin jauh,” tuturnya.

Selanjutnya, Zulkifli Syukur berharap dengan adanya kegiatan ini, pemerintah Provinsi Riau dan Majelis Ulama Indonesia dapat bekerjasama untuk Provinsi Riau yang lebih baik lagi, dan menjadi penerang untuk generasi-generasi muda.

“Saya berharap dengan adanya acara ini, pemerintah Provinsi Riau dan MUI dapat bersatu untuk Riau yang lebih baik lagi dan menjadi penerang bagi anak-anak muda sekarang,” pungkasnya.*