Perkembangan Terbaru Terkait Ranperda Pajak dan Retribusi Daerah Riau

Perkembangan Terbaru Terkait Ranperda Pajak dan Retribusi Daerah Riau

25 Agustus 2023
Penyerahan draft ranpenda

Penyerahan draft ranpenda

RIAU1.COM -Rapat paripurna DPRD Provinsi Riau tentang penyampaian pandangan umum fraksi terhadap rancangan peraturan daerah tentang pajak daerah dan retribusi daerah (Ranperda PDRD) Provinsi Riau dihadiri Wakil Gubernur (Wagubri) Edy Natar Nasution.

Dalam pertemuan itu juga dilakukan penyampaian pandangan umum fraksi terhadap Ranperda tentang perubahan ketiga Perda nomor 4 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Provinsi Riau.

Pertemuan ini dipimpinan secara langsung oleh Wakil Ketua III DPRD Riau, Hardianto. Agenda tersebut dilaksanakan di ruang rapat paripurna gedung DPRD Riau, Pekanbaru, Kamis (24/8/2023).

Hardianto sampaikan, rapat tersebut adalah tindak lanjut dari rapat paripurna pada 21 Agustus lalu tentang penyampaian Raperda PDRD oleh Wagub Riau. Serta, Ranperda tentang perubahan ketiga Perda nomor 4 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Provinsi Riau.

"Maka tahapan selanjutnya adalah penyampaian pandangan umum fraksi," sebutnya.

Ketua rapat memberikan dua opsi mekanisme penyampaian pandangan umum dari tiap fraksi. Pertama, dengan menyerahkan naskah pandangan umum kepada ketua rapat. Kedua, membacakan pandangan umum fraksi dalam rapat paripurna dengan waktu tidak lebih dari 5 menit.

Setelah opsi tersebut disepakati, terdapat 7 fraksi yang menyerahkan naskah fraksi kepada ketua rapat, dan satu fraksi lainnya membacakan pandangan umumnya dihadapan para peserta rapat.

"Setelah kita simak penyampaian umum dari masing-masing fraksi maka tentunya terdapat berbagai masukan, pertanyaan, serta saran dari masing-masing fraksi tersebut," ujarnya.

Oleh karena itu, rapat paripurna akan dilanjutkan dengan tanggapan Pemerintahan Provinsi Riau yang akan disampaikan pada rapat paripurna yang akan datang.

"Kami berharap sekiranya saudara Gubernur dan Wakil Gubernur Riau dapat memberikan jawaban dan tanggapan atas pandangan umum fraksi, yang nantinya akan kita sampaikan dalam bentuk jawaban pemerintah dalam rapat selanjutnya," tukasnya.

Rapat tersebut ditutup dengan penyerahan naskah pandangan umum fraksi terhadap Raperda PDRD Provinsi Riau dan pandangan umum fraksi terhadap Raperda tentang perubahan ketiga Perda nomor 4 tahun 2016 tentang pembentukan dan susunan perangkat daerah Provinsi Riau kepada Wakil Gubernur Riau.*