Perusahaan di Bengkalis Ditegaskan Harus Siaga Cegah Karhutla

Perusahaan di Bengkalis Ditegaskan Harus Siaga Cegah Karhutla

17 Februari 2023
Wabup Bengkalis, Bagus Santoso ikut rakor penanganan karhutla

Wabup Bengkalis, Bagus Santoso ikut rakor penanganan karhutla

RIAU1.COM - Wakil Bupati H Bagus Santoso, mengikuti rapat koordinasi penanggulangan kebarakan hutan dan lahan (Karhutla) Riau di Pekanbaru.

"Sebagaimana arahan Gubri, kita berkomitmen untuk melakukan pencegahan Karhutla. Berbagai himbauan ataupun sosialisasi terus kita lakukan agar tidak terjadi Karhutla," ujar Wabup Bagus Santoso usai rakor.

Ia melanjutkan, kondisi cuaca di Riau dan Bengkalis khususnya sangat tidak menentu, sehingga masyarakat terus dihimbau untuk tidak membersihkan lahan atau kebun dengan cara dibakar.

"Kita (Kabupaten Bengkalis) sudah menetapkan Siaga Karhutla untuk tahun 2023 ini. Koordinasi dengan Polri dan TNI juga terus kita lakukan, dengan harapan tidak ada lagi Karhutla yang terjadi di Kabupaten Bengkalis," ucapnya.

Llau menurut Wabup, Pemerintah Kabupaten Bengkalis juga meminta kesiagaan seluruh perusahaan yang ada di Negeri Junjungan. Tentunya semua pihak harus terlibat aktif untuk pencegahan maupun penanganan jika sewaktu-waktu Karhutla terjadi.

"Kita semua harus berjibaku dalam penanggulangan dan penanganan Karhutla. Wilayah Kabupaten Bengkalis adalah daerah yang rawan kebakaran, jadi kepada masyarakat juga terus kita himbau agar mewaspadai tindakan membersihkan lahan dengan cara dibakar,"tutur dia.*