PI 10 Persen Blok Rokan, Gubri Optimis Tahun Ini Diterima Riau

PI 10 Persen Blok Rokan, Gubri Optimis Tahun Ini Diterima Riau

16 Oktober 2023
Gubri Syamsuar

Gubri Syamsuar

RIAU1.COM - Arahan kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau disampaikan Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar saat Apel pagi, Senin (16/10/2023).

Gubernur Syamsuar menjelaskan, bahwa kurang lebih dua bulan lagi Pemprov Riau akan mengakhiri tahun kerja 2023, meskipun demikian, dia melihat sudah ada beberapa OPD yang progresnya sudah bagus, namun juga masih ada OPD yang realisasi kegiatan dan keuangannya belum sesuai harapan.

"Oleh karena itu saya harapkan pimpinan masing-masing OPD agar mempercepat dan menyegerakan pelaksanaan kegiatan ini sehingga harapan kita bisa bisa bermanfaat bagi tugas penyelenggaraan pemerintah sekaligus juga meningkatkan perekonomian kerakyatan," kata Syamsuar. 

Dia menilai progres pembangunan di Provinsi Riau setiap tahunnya mengalami kemajuan meskipun belum maksimal. Namun setidaknya saat menyusun anggaran perubahan beberapa waktu lalu telah bisa melakukan penyesuaian-penyesuaian. 

"Saya yakin OPD bisa menyesuaikan dan menyelesaikan tugas yang telah diamanahkan sesuai dengan harapan kita bersama," ujarnya. 

Syamsuar juga mengaku tidak semua OPD yang dilakukan evaluasi, namun demikian ia selalu mengevaluasi OPD yang besar anggarannya seperti Dinas PU, Dinas Pendidikan, dan Dinas Kesehatan.

Selain itu, anggaran dinas-dinas yang berkaitan dengan ekonomi kerakyatan seperti Dinas Pertanian, Perkebunan, Peternakan, Perindustrian, Perdagangan termasuk juga Dinas Perikanan.

"Tentunya ini semua berkaitan dengan peningkatan ekonomi rakyat, termasuk juga Dinas Pariwisata, Kebudayaan, dan lain sebagainya," terangnya. 

Pembangunan infrastruktur ke depan menurut Gubernur Syamsuar memungkinkan untuk dilakukan percepatan karena dirinya telah memperjuangkan Participating Interest (PI) 10% dari Pertamina sehingga memungkinkan dengan anggaran yang ada. 

"Alhamdulillah saya sudah mengurus Participating Interest 10% dari Pertamina, dan itu sudah disetujui oleh Pertamina dan SKK Migas, serta telah disetujui Menteri ESDM," ucapnya.

"InsyaAllah dalam tahun ini uang tersebut bisa kita terima, dan ini jumlahnya tidak sedikit, satu triliun lebih. Makanya manfaatkan uang ini nanti dengan sebaik-baiknya," papar dia.*