Ponpes di Riau Didorong Juga Cetak Pengusaha Muda

Ponpes di Riau Didorong Juga Cetak Pengusaha Muda

26 Desember 2022
Gubri Syamsuar saat kunjungi Pondok Pesantren belum lama ini

Gubri Syamsuar saat kunjungi Pondok Pesantren belum lama ini

RIAU1.COM - Sebagai upaya mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan meningkatkan ekonomi umat, pondok pesantren (ponpes) tidak hanya melahirkan santri/santriwati penghafa Al Quran, tapi juga diharapkan bisa melahirkan pengusaha/wirausaha.

Sebab itu, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar mengaku memandang perlu ditanamkan jiwa berusaha kepada generasi muda termasuk santri/santriwati. Sebab, dunia usaha memegang peranan penting dalam perekonomian suatu daerah.

Hal tersebut disampaikan Gubri saat membuka acara Musyawarah Nasional (Munas) Ikatan Keluarga Alumni Ponpes Darel Hikmah (IKAPDH) se-Indonesia VII di Auditorium Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI), Jalan Tuanku Tambusai Kota Pekanbaru.

"Ponpes tidak hanya mempersiapkan alumni jadi calon ulama, tapi diharapkan juga menjadi pengusaha-pengusaha," jelas Gubri.

Syamsuar berharap dari pondok pesantren inilah akan terlahir cikal bakal pengusaha-pengusaha sukses Provinsi Riau atau di Indonesia.

Selain itu, Syamsuar juga mengingatkan generasi muda harus melek teknologi dan menguasai sains, sebab di era teknologi saat ini, mau tidak mau generasi muda harus siap dengan perkembangam zaman yang semakin maju.

"Kita perlu belajar Sains. Kalau sains sudah dikuasai, maka kita siap bersaing dengan bangsa-bangsa dunia ini," tukas Gubri.*