PPDB SMA, Disdik Riau Minta Jangan Percaya Jalur Calo

PPDB SMA, Disdik Riau Minta Jangan Percaya Jalur Calo

15 Juni 2023
Kepala Dinas Pendidikan Riau Dr Kamsol

Kepala Dinas Pendidikan Riau Dr Kamsol

RIAU1.COM - Perpanjangan waktu pemilihan sekolah pada PPDB tahun ini hingga 26 Juni mendatang telah diputuskan Dinas Pendidikan provinsi Riau.  

Meskipun diperpanjang, namun ada daerah yang pendaftarnya sudah melebihi daya tampung yang ada.

Kepala Dinas Pendidikan Riau Dr Kamsol mengatakan, dua daerah yang jumlah pendaftarnya sudah melebihi daya tampung yang ada yakni kota Pekanbaru dan Dumai. 

"Seperti di Pekanbaru daya tampung dengan jumlah pendaftar sudah melebihi. Kalau di daerah lain justru masih kurang," katanya.

Dengan kondisi tersebut, pihaknya mengimbau para orang tua calon siswa tidak usah khawatir dengan terbatasnya kuota siswa di Pekanbaru tersebut. Apalagi sampai memanfaatkan jalur calo agar bisa memasukkan anaknya di sekolah tujuan.

"Karena saat ini pemerintah provinsi Riau dalam hal ini pak Gubernur masih berupaya untuk menjamin anak-anak bisa masuk sekolah. Karena dalam waktu dekat akan diluncurkan Peraturan gubernur Riau terkait wajib belajar 12 tahun. Targetnya dalam bulan ini juga selesai," ujarnya.

Dengan adanya peraturan tersebut, Pemerintah akan memfasilitasi untuk penyediaan fasilitas bagi anak-anak agar bisa bersekolah. Dengan catatan, masyarakat tidak memilih sekolah favorit.

"Semua sekolah sama saja, karena keberhasilan anak didik tergantung dari kemampuan profesional guru. Karena saat ini, pemerintah sudah melatih guru-guru untuk menjadi guru penggerak," sebut dia.*