PPDB SMA/SMK di Riau Mulai Masuki Tahapan Verifikasi Siswa

PPDB SMA/SMK di Riau Mulai Masuki Tahapan Verifikasi Siswa

13 Juni 2023
Kadisdik Riau, Dr Kamsol

Kadisdik Riau, Dr Kamsol

RIAU1.COM - Verifikasi pendaftaran Penerimaan Pesarta Didik Baru (PPDB) online untuk tingkat SMA/SMK Negeri dilakukan Dinas Pendidikan Provinsi Riau hingga tanggal 26 Juni 2023.

Berdasarkan keterangan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau, Kamsol mengatakan, verifikasi data siswa yang sudah mendaftar di sekolah yang dituju saat ini masih dalam proses verifikasi. Dan untuk aktivasi akun pendaftaran secara online  sudah ditutup. Bagi siswa yang ingin mendaftar sudah tidak bisa mendaftar ke sekolah Negri melalui akun secara online.

“Sekarang ini masih proses verifikasi sekolah terhadap siswa yang mendaftar. Tidak ada lagi perpanjangan aktivasi akun pendaftaran [registrasi] secara online melalui akun siswa, sudah ditutup tanggal 12 Juni lalu. Yang ada saat ini siswa yang sudah mendaftar menunggu verifikasi, jika tidak masuk di sekolah yang dituju bisa masuk ke sekolah lain,” ujar Kamsol.

Dijelaskan dia, bagi siswa yang sudah mendaftar ke sekolah yang dituju bisa mendaftar kembali hingga tanggal 26 Juni mendatang. Verifikasi saat ini verifikasi sekolah yang dituju, dan biasanya siswa yang tidak lulus di sekolah yang dituju bisa mendaftar ke sekolah lain.

“Sekarang ini verifikasi sekolah yang dituju, contohnya kalau ada siswa yang tidak lulus di sekolah yang dituju, bisa mendaftar kembali ke sekolah lain hingga 26 Juni. Tapi biasanya itu di jalur prestasi maksimal tiga kali pendaftaran ke sekolah yang dituju. Kalau jalur zonasi tidak memungkinkan lagi karena sudah sesuai dengan penerimaan siswa secara online melalui zonasi,” papar Kamsol.

Untuk diketahui bersama, inilah tahapan PPDB Online SMA/SMK di Provinsi Riau: Pra Pendaftaran 22-26 Mei 2023, Pendaftaran/Pemilihan Sekolah 29 Mei - 12 Juni 2023, Verifikasi oleh satuan pendidikan 29 Mei - 26 Juni 2023, seleksi sesuai jalur pendaftaran 27-30 Juni 2023, pengumuman penetapan peserta didik baru 1 Juli 2023, daftar ulang 2-5 Juli 2023, hari pertama masuk sekolah 13 Juli 2023.*