Produksi Padi di Riau Ditargetkan Meningkat 50 Persen Tahun 2024

Produksi Padi di Riau Ditargetkan Meningkat 50 Persen Tahun 2024

30 Mei 2023
Ilustrasi/net

Ilustrasi/net

RIAU1.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mengaku telah melakukan beberapa upaya untuk mengantisipasi kekurangan bahan pangan.

Salah satunya melalui instruksi Gubernur Riau (Gubri) yaitu .Gerakan Penyedia Pangan Daerah dan Diversifikasi Pangan Lokal

Selain itu, dikeluarkan pula kebijakan strategis Pemprov Riau dalam penyediaan pangan daerah melalui surat Gubri nomor : 529/DisPTPH/978 pada 27 April 2020 lalu.

“Yang mengamanahkan kepada pemangku kepentingan untuk melakukan  ekstensifikasi dan intensifikasi dalam rangka peningkatan produktifitas tanaman pangan,” kata Sekretaris Daerah Provinsi Riau, SF Hariyanto, Selasa (30/5/2023).

Kemudian adapula Gerakan Riau Bergerak Tanam Padi dan Gerakan Riau Bergerak Tanam Buah.

Dimana gerakan ini, sebut sekdaprov sebagai upaya Pemprov Riau untuk meningkatkan produksi padi di Riau minimal 50 persen pada tahun 2024 dengan target peningkatan produktivitas rata-rata 3,7 ton/hektare menjadi 4,4 ton/haktare.

Selain sebagai langkah menjaga ketahanan pangan, gerakan ini juga bertujuan agar setiap daerah di Riau bisa menanam berbagai komoditi tanaman pangan dan hortikultura dengan cara memanfaatkan lahan tidur milik pribadi (masyarakat) menjadi perkebunan.

“Serta kerja sama antar daerah melalui jejaring distribusi dan pasokan bahan pangan dengan Provinsi tetangga. Ini juga merupakan upaya strategis lainnya yang dilakukan untuk memenuhi ketersediaan pangan di Provinsi Riau,” tutur dia.*