Program Ketahanan Pangan di Kampar, Puluhan Hektar Lahan Ditanami Jagung

Program Ketahanan Pangan di Kampar, Puluhan Hektar Lahan Ditanami Jagung

26 Januari 2023
Pj Bupati Kamsol panen jagung

Pj Bupati Kamsol panen jagung

RIAU1.COM - Mendukung program ketahanan pangan di Kabupaten Kampar Pj. Bupati Dr Kamsol menghadiri dan ikut serta secara simbolis memanen sekaligus menanam jagung manis bertempat di Kebun Ketahanan Pangan Desa Pulau Birandang Kecamatan Kampa, Rabu (25/1). 

Kebun ketahanan pangan ini merupakan kemitraan PT. Air Kampar dan PT. SPS seluas 25 hektare berada di tengah-tengah Desa Pulau Birandang Kecamatan Kampa, sebagai pusat dilaksanakannya program ketahanan pangan Kabupaten Kampar  berupa Tanaman Jagung. 

Dalam pengelolaan tanaman jagung di kebun ketahanan pangan tersebut, terdapat 26 kelompok pengelolah, 211 orang pekerja yang merupakan ibu-ibu dari Desa Pulau Birandang.

"Kegiatan ini akan memberikan dampak positif terhadap masyarakat di Desa Pulau Birandang ini, khususnya bagi para petani jagung karna bisa meningkatkan perekonomian, dapat menuju swasembada pangan dan menjadikan meningkatnya kesejahteraan petani," ujar Kamsol.

Dia juga mengharapkan agar pihak-pihak yang terkait dalam program ketahanan pangan ini dapat bersama-sama menciptakan dan menjadikan Desa Pulau Birandang ini menuju desa ekowisata dengan tanaman jagungnya sebagai icon dan menjadikan Desa Tematik yang mempunyai ciri khas yaitu tanaman jagung. 

"Agar seluruh unsur dari masyarakat lebih memanfaatkan lahan-lahan tidur dan membuka lahan baru dengan harapan kita bisa mewujudkan Kampar swasembada pangan dan ini juga dapat memperkecil angka pengangguran," sebutnya lagi.*