Proyek IPAL di Pekanbaru Tak Kunjung Rampung Bakal Ditinjau Komisi V DPR RI

Proyek IPAL di Pekanbaru Tak Kunjung Rampung Bakal Ditinjau Komisi V DPR RI

10 Juli 2023
Gubri Syamsuar dalam rakor di Hotel Grand Central Pekanbaru, Senin (10/7/2023). Foto: Istimewa.

Gubri Syamsuar dalam rakor di Hotel Grand Central Pekanbaru, Senin (10/7/2023). Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -Proyek Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) tak kunjung rampung saat dikerjakan mulai pertengahan 2019. Proyek ini akan ditinjau rombongan Komisi V DPR RI pada 15 Juni 2023.

"Masalah IPAL, ini pekerjaan Kemen PUPR. Tetapi sampai sekarang tak selesai," kata Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar dalam Rapat Koordinasi (Rakor) dengan para bupati, wali kota, dan ratusan camat di Hotel Grand Central Pekanbaru, Senin (10/7/2023).

Pemko Pekanbaru juga yang disudutkan tiap hari. Padahal, IPAL itu bukan proyek Pemko Pekanbaru. 

"Saya jemput Dirjen yang mengawasi proyek IPAL itu. Supaya ia melihat langsung pekerjaan IPAl. Saya juga bilang pekerjaannya tak ada yang beres," ucap Syamsuar. 

Tapi sampai saat ini, pekerjaan proyek IPAL masih tutup lubang, gali lubang. Proyek tak selesai juga. 

"Proyek IPAL ini termasuk salah satu yang akan dikunjungi anggota Komisi V DPR RI. Usai kunjungan itu akan ada pertemuan dengan para bupati dan wali kota pada 14 Juli malam," ungkap Syamsuar. 

Kesempatan ini harus dimanfaatkan para bupati dan wali kota. Karena, Komisi V ini membidangi infrastruktur. 

Ada juga kebijakan presiden dalam rangka membantu pembangunan infrastruktur melalui Instruksi Presiden (Inpres) pada tahun ini. Agar, jalan kabupaten hingga desa diusulkan ke Komisi V nanti melalui program Inpres. Semua klasifikasi jalan bisa diusulkan melalui Inpres ini.