PSU di Rokan Hulu, Petugas TPS Dibentuk Baru

PSU di Rokan Hulu, Petugas TPS Dibentuk Baru

22 Juni 2024
Ilustrasi/Antara

Ilustrasi/Antara

RIAU1.COM - Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Riau Rusidi Rusdan mengatakan, untuk tiga wilayah yang menggelar Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pemilu, seperti Kabupaten Indragiri Hulur (Inhu) Kabupaten Kepulauan Meranti dan Kota Dumai, surat suara untuk sudah tersedia.

"Di wilayah itu PSU nantinya menggunakan surat suara cadangan yang memang sudah disiapkan pada Pemilu lalu, jumlah mencukupi jadi tidak ada persoalan," kata Rusidi Rusdan, Sabtu (22/6).

Sementara untuk PSU di Kabupaten Rokan Hulu, jelas Rusidi, surat suara sedang dikoordinasikan untuk dicetak ulang karena surat suara cadangannya tidak mencukupi dengan jumlah 31 TPS yang menggelar PSU.

"Berapa banyak yang harus dicetak tentu kita sesuaikan berdasarkan hasil dari pemuktahiran data pemilih terbaru, yang jelas jumlah DPT tidak boleh bertambah sesuai dengan amar putusan Mahkamah Konstitusi," ujarnya.

Selain menyiapkan logistik, terang Rusidi KPU juga menyiapkan petugas TPS pada PSU di Kabupaten Inhu, Kepulauan Meranti dan Kota Dumai.

"Petugas TPS nya, ditangani langsung dari KPU setempat karena jumlah TPS yang menggelar PSU tiga wilayah itu tidak banyak,"sebut dia.

Khusus PSU di Kabupaten Rohul, sambung dia, petugas TPS akan dibentuk baru ,"Namun kita akan evaluasi petugas KPPS yang lama kalau mereka masih bersedia dan memenuhi syarat, kita akan gunakan mereka kembali,"tukasnya.*