Realisasi UHC di Rohil dan Rohul Belum Ada Progres

Realisasi UHC di Rohil dan Rohul Belum Ada Progres

27 September 2023
Kadiskes Riau, Zainal Arifin

Kadiskes Riau, Zainal Arifin

RIAU1.COM - Lima daerah terus digesa Pemerintah provinsi Riau untuk dapat mencapai cakupan jaminan kesehatan semesta atau Universal Health Coverage (UHC). Pasalnya, dari 12 daerah di Riau baru tujuh kabupaten/kota yang sudah mencapai UHC. 

Berdasarkan keterangan Kepala Dinas Kesehatan (Kadiakes) Riau, Zainal Arifin, untuk tujuh kabupaten/kota yang sudah mencapai UHC diantaranya yakni Kabupaten Kepulauan Meranti, Kuantan Singingi, Bengkalis, Kota Dumai, Kabupaten Indragiri Hulu, Pelalawan, dan Kota Pekanbaru.

"Untuk lima daerah yang belum mencapai UHC yakni Rokan Hulu, Rokan Hilir, Indragiri Hilir, Siak dan Kampar. Kami terus mendorong agar lima daerah ini segera menerapkan UHC," sebut dia.

Khusus untuk tiga daerah yakni Kampar, Siak dan Indragiri Hilir, tambah dia, progresnya sudah cukup bagus. Dimana tiga daerah tersebut menargetkan pada bulan Oktober ini, UHC nya sudah mencapai 95 persen. 

"Sementara untuk Rokan Hulu dan Rokan Hilir yang belum ada progres. Untuk itu kami harapkan komitmen kepala daerahnya," sebutnya. 

Dipaparkan Zainal, terhitung sejak 1 Juli 2023 angka UHC di Riau ada pada angka 90,54 persen.  Dengan total jumlah penduduk pada Semester II tahun 2023 sebesar 6.743.099 jiwa.

"Ini artinya, hampir seluruh masyarakat, khususnya di tujuh kabupaten/kota yang meraih UHC tersebut telah memiliki payung perlindungan untuk mengakses layanan di fasilitas kesehatan," ujarnya.*