Saran untuk RSJ Tampan: Layanan Non Jiwa 40 Persen, Layanan Jiwa 60 Persen

Saran untuk RSJ Tampan: Layanan Non Jiwa 40 Persen, Layanan Jiwa 60 Persen

14 Juni 2024
RSJ Tampan

RSJ Tampan

RIAU1.COM - Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Rumah Sakit Jiwa (RSJ) Tampan Provinsi Riau, Zulkifli mengatakan, ke depan rumah sakit Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau itu tak hanya fokus terhadap pelayanan kejiwaan, tapi juga layanan non jiwa. 

"Kita RSJ Tampan akan terus meningkatkan kualitas mutu layanan dan inovasi, serta memberikan perspektif baru kepada masyarakat, bahwa tidak hanya layanan  kesehatan jwa yang bisa didapatkan dari RSJ Tampan, tapi juga layanan non jiwa," kata Zulkifli. 

Sebut dia, saat ini pihaknya sudah membangun layanan Intensive Care Unit (ICU) dengan 4 tempat tidur. Adapun yang melatarbelakangi pembangunan ICU tersebut karena selama ini sulitnya untuk merujuk pasien RSJ Tampan yang membutuhkan ICU. 

"Selain karena pasien RSJ Tampan memang membutuhkan layanan khusus didamping  rumah sakit di Provinsi Riau, sering kali menglami kekurangan tempat tidur ICU," ujarnya.

Kemudian Zulkifli menyampaikan, berdasarkan data Dinas Kesehatan Riau tahun 2023 jumlah tempat tidur ICU seluruh rumah sakit di Riau sebanyak 236 tempat tidur. 

"Sementara kebutuhan ruang ICU sebanyak 551 tempat tidur. Artinya kita masih kekurangan tempat tidur ICU," ujarnya. 

Untuk percepatan layanan itu, pihaknya juga sudah membentuk tim khusus untuk percepatan pelayanan non jiwa dibawah koordinasi Wakil Direktur Bidang Medik dan Keperawatan. 

"Jadi mereka yang merumuskan strategi-strategi untuk  percepatan ini. Untuk itu, sangat besar harapan kami perhimpunan kita ini memberikan pengalaman dan sumbang saran kepada RSJ Tampan untuk menentukan langkah, apalagi yang harus kami lengkapi untuk menuju RSJ Tampan dengan layanan yang komprehensif," paparnya. 

Dikatakan dia, beberapa masukan dan saran dari peserta rapat menyepakati layanan non jiwa sebanyak 40 persen dan layanan jiwa sebanyak 60 persen. Untuk tempat tidur ICU idealnya adalah 6 persen dari seluruh jumlah tempat tidur.

"Begitu persyaratan dan sarana prasana telah rampung RSJ Tampan akan divisitasi oleh Dinas Kesehatan Riau. Kemudian langkah selanjutnya, adalah  kredensial dari Persi, BPJS dan Dinas Kesehatan Riau untuk asesmen ulang sejauh mana kesiapan RSJ Tampan Riau untuk memberikan layanan non jiwa," tukasnya.*