Satpol PP Bantu Padamkan Karhutla di Riau

Satpol PP Bantu Padamkan Karhutla di Riau

2 Oktober 2023
Proses pemadaman karhutla di Pelalawan

Proses pemadaman karhutla di Pelalawan

RIAU1.COM - Personel dari Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Provinsi Riau ikut diturunkan membantu memadamkan kebakaran lahan dan hutan (Karhutla).

Berdasarkan keterangan Kepala Satpol PP Riau Hadi Penandio mengatakan, para personil Satpol PP Riau diturunkan untuk membantu pemadaman Karhutla di Kabupaten Pelalawan.

"Anggota Satpol PP Riau ikut melakukan pemadaman Karhutla bersama personel lainnya di Kabupaten Pelalawan," ujar Hadi, Ahad (1/10/2023). 

Sejak 23 September 2023 lalu, sebut dia, sebanyak 15 orang personel telah diturunkan. Di lapangan, tim Satpol PP Riau bertugas bersama tim lainnya seperti dari TNI -Polri, BPBD, Manggala Agni dan juga masyarakat peduli api.

"Alhamdulillah Karhutla di Pelalawan sudah berhasil dipadamkan, dengan demikian tim Satpol PP Riau kembali ke kesatuan," sebutnya.

Tambah dia, dalam pemadam Karhutla di Riau, tim Satpol PP Riau bukan hanya kali ini saja terlibat. Namun, dalam beberapa momen Karhutla tahun-tahun sebelumnya tim Satpol PP Riau juga bergerak ikut membantu pemadaman Karhutla.

"Tahun sebelumnya kami juga diminta untuk ikut membantu pemadaman Karhutla," sebutnya.

Sementara, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, M Edy Afrizal mengatakan, untuk di Provinsi Riau Karhutla masih terkendali. Hotspot di Riau juga tidak banyak.

Tercatat hari ini dari data BMKG hanya 7 titik yang tersebar di Kabupaten Rokan Hilir dan Kampar. Karhutla tidak menyebabkan kabut asap di Riau, sehingga bisa dipastikan asap di Riau ini dari daerah lain.*