Sebagian Jalan Rusak Parah di Inhu Mulai Diperbaiki

Sebagian Jalan Rusak Parah di Inhu Mulai Diperbaiki

6 Agustus 2023
Perbaikan jalan di Indragiri Hulu

Perbaikan jalan di Indragiri Hulu

RIAU1.COM - Unit Pelaksana Tekhnis (UPT) Wilayah 4 Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (PUPRPKPP) Provinsi Riau mengaku terus melakukan perbaikan jalan.

Pengaspalan sejumlah ruas jalan di Indragiri Hulu (Inhu) agar transportasi angkutan orang dan barang tetap lancar. Tak terkecuali hasil perkebunan sebagai penopang utama ekonomi warga tempatan.

"Kita terus membenahi, memperbaiki jalan khususnya yang menjadi tanggung jawab kita di UPT Wilayah 4. Alhamdulillah, sebagian sejumlah ruas yang dulunya rusak parah dan sedang sudah kita aspal," kata Kepala UPT Wilayah 4, Dinas PUPRPKPP Riau, Yunnan Haris, Ahad (6/8/23).

Saat ini ada tiga ruas jalan di wilayah Inhu sudah dilakukan pengaspalan. Total panjang jalan yang diaspal lebih kurang tiga kilometer. 

Masing-masing di daerah Batu Gajah - Sei Karas, Rengat Kuala Cenaku. Kemudian ada juga Lubuk Kandis-Pangkalan Kasai.

Khusus di ruas Rengat - Kuala Cenaku agak sedikit memakan waktu. Karena ada pemasangan turap kayu, untuk mencegah tak cepat longsor. Karena di bahu jalan ini berdekatan dengan aliran sungai. 

Sementara untuk Lubuk Kandis - Pangkalan Kasai, jalan lintas ini beberapa waktu lalu sempat viral karena banyaknya kendaraan terpuruk akibat jalan rusak parah. Sempat diperbaiki tapi kembali rusak karena sebagian besar kendaraan melewati jalan ini kendaraan bertonase besar.

"Alhamdulillah, tiga ruas jalan yang kita aspal sudah bisa dilewati, dengan nyaman," jelas Yunan.

Selain itu UPT Wilayah 4 ini juga melakukan  pemasangan bronjong pada daerah rawan lonsor di sekitaran oprit jembatan, tepatnya di ruas Jalan Cirenti - Air Molek.

"Pemasangan bronjong ini agar oprit jembatan tak cepat turun. Karena dekat sungaikan rawan longsor," sebut Yunnan.*