Semarak Merdeka Belajar di Riau, Jalan Sehat Digelar

Semarak Merdeka Belajar di Riau, Jalan Sehat Digelar

14 Mei 2023
Jalan Sehat Semarak Merdeka Belajar

Jalan Sehat Semarak Merdeka Belajar

RIAU1.COM - Peringatan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2023 (Hardiknas) dimeriahkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dengan menggelar jalan sehat Bulan Merdeka Belajar, Ahad (14/05/2023).

Kegiatan jalan sehat ini dimulai dan berakhir di halaman Gelanggang Olahraga Tribuana. Dalam kegiatan gerak jalan sehat ini juga telah disiapkan hadiah utama yakni sepeda listrik dari Pemprov Riau dan Universitas Riau, sepeda, kulkas, dispenser, rice cooker, setrika, kipas angin, baju merdeka belajar dan tumbler. 

Pelepasan para peserta jalan sehat ini dilakukan oleh Kadispora Riau. Ribuan rombongan gerak jalan sehat yang diikuti mulai dari anak-anak, remaja, hingga  orang dewasa tersebut tampak antusias.

Selepas berjalan dengan rute jalan sehat, Plt Kadisdik Provinsi Riau menggantikan Kadispora Riau langsung mencabut undian dan memberikan hadiah utama kepada pesera gerak jalan sehat ini. 

Dalam sambutannya, Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga Provinsi Riau Bobby Rachmat mengatakan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memeriahkan bulan belajar merdeka, juga Hari Pendidikan Nasional. 

Pihaknya juga menyambut baik kepada berbagai pihak yang telah bekerjasama menyelenggarakan acara ini seperti Badan Penjaminan Mutu Pendidikan, Balai Guru Penggerak, Balai Bahasa Provinsi Riau, Universitas Riau, dan Universitas Lancang Kuning, yang berkolaborasi dengan Pemerintah Daerah Provinsi Riau agar terselenggaranya kegiatan ini.  Ia berharap kegiatan seperti terus dilaksanakan. 

"Hari ini kita melakukan kegiatan jalan sehat dan tentunya cukup banyak hadiah nantinya yang bisa didapatkan oleh para peserta," kata Bobby Rachmat. 

Sementara Itu, Kepala Badan Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Wisma Endrimon menyampaikan, bahwasanya para peserta jalan sehat ini dari kalangan ekosistem pendidikan, baik UPT, perguruan tinggi, LLDIKTI, pemda, Dinas pendidikan, sekolah penggerak, guru penggerak dan masyarakat. 

"Untuk Riau sendiri lebih kurang 2.250 peserta yang turut memeriahkan kegiatan jalan sehat ini," ujar Wisma Endrimon. 

Ia menyatakan, tujuan dilaksanakannya kegiatan ini yaitu memperingati Hardiknas 2023, menyemarakkan merdeka belajar sebagai sebuah konsep perbaikan pembelajaran di Indonesia. 

"Merdeka belajar ini sudah berjalan secara keseluruhan di Riau ini, para guru penggerak dan IKM nya juga berjalan, untuk kampus merdeka juga berjalan," sebut dia.*