Seperti Ini Gambaran Lama Menginap Tamu di Hotel Berbintang di Riau

Seperti Ini Gambaran Lama Menginap Tamu di Hotel Berbintang di Riau

14 Juni 2023
ilustrasi/net

ilustrasi/net

RIAU1.COM - Berdasarkan data yang dirilis Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Riau, rata-rata lama menginap tamu (RLMT) asing dan domestik di hotel berbintang di Provinsi Riau bulan April 2023 adalah 1,23 hari.

"Hal ini mengindikasikan bahwa sebagian besar tamu, baik asing maupun domestik, menginap di hotel berbintang selama 1 hingga 2 hari," kata Kepala BPS Riau, Ajid Hajiji awal pekan ini.

Data juga menunjukkan bahwa tamu asing yang berkunjung ke Provinsi Riau dan menginap di hotel berbintang pada bulan April 2023 memiliki RLMT sebesar 4,94 hari.

"Ini berarti rata-rata tamu asing yang menginap di hotel berbintang di Provinsi Riau pada bulan tersebut menghabiskan waktu selama 4 hingga 5 hari," jelasnya.

Sementara itu, tamu domestik memiliki RLMT sebesar 2,07 hari, yang berarti rata-rata tamu domestik menginap di hotel berbintang di Provinsi Riau selama 2 hingga 3 hari.

Jika dilihat dari kelas hotel, terdapat perbedaan rata-rata lama menginap tamu asing terlama dan tamu domestik terlama. Hotel berbintang 3 mencatatkan RLMT tamu asing tertinggi sebesar 6,89 hari.

Di sisi lain, hotel berbintang 1 memiliki RLMT tamu domestik tertinggi, yaitu 1,93 hari atau sekitar 1 hingga 2 hari.

Data ini memberikan gambaran tentang pola tinggal tamu asing dan domestik di hotel berbintang di Provinsi Riau pada bulan April 2023.

"Meskipun terdapat variasi dalam lama menginap antara tamu asing dan domestik serta di antara kelas hotel, rata-rata lama menginap keseluruhan menunjukkan bahwa tamu umumnya menghabiskan waktu singkat selama kunjungan mereka di hotel berbintang di Riau," sebut dia.*