SMA Cendana Mandau Juara LCTP Kanwil DJP Riau

SMA Cendana Mandau Juara LCTP Kanwil DJP Riau

4 September 2023
Para pemenang LCTP Kanwil DJP Riau di Kampus PCR Pekanbaru. Foto: Istimewa.

Para pemenang LCTP Kanwil DJP Riau di Kampus PCR Pekanbaru. Foto: Istimewa.

RIAU1.COM -SMA Cendana Mandau meriah juara pertama dalam ajang Lomba Cepat Tepat Perpajakan (LCTP). Lomba ini digelar oleh Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Riau. 

Kepala Bidang Penyuluhan Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Kanwil DJP Riau Asprilantomiardiwidodo dalam keterangan tertulisnya, Senin (4/9/2023), menyatakan, LCTP pada dasarnya merupakan wujud kepedulian DJP. Kegiatan ini merupakan bentuk pelaksanaan Inklusi Perpajakan Tax Goes To School (TGTS).

"Kegiatan ini merupakan agenda tahunan yang dikemas dalam bentuk lebih menarik dan kekinian. TGTS dilaksanakan pada hampir semua jenjang pendidikan mulai dari usia dini (TK/ PAUD), SD, SMP dan SMA," ujarnya. 

Tujuan TGTS tersebut untuk memupuk rasa nasionalisme. TGTS ini juga sekaligus menanamkan kesadaran mengenai arti penting pajak bagi pembangunan negara. 

Maka, TGTS ini difokuskan bagi pelajar di level SMA. TGTS ini dikemas dalam bentuk LCTP. 

LCTP ini telah terlebih dahulu dilaksanakan oleh KPP Pratama Pangkalan Kerinci dan KP2KP Siak di Kabupaten Siak pada tahun 2019 sampai dengan 2022. Dikarenakan sukses di Kabupaten Siak dan membawa dampak baik bagi pelajar, maka LCTP akan dieskalasi menjadi perlombaan tingkat provinsi. 

"Tujuan utama dari pelaksanaan LCTP adalah untuk mengedukasi perpajakan secara masif, memperkenalkan dasar perpajakan dalam bentuk yang menarik, memberikan konsep edukasi yang dinamis, dan menciptakan Duta Perpajakan di kalangan pelajar," kata Aspril. 

Seluruh sekolah yang berada di Provinsi Riau dapat mengikuti perlombaan ini. Sebelumnya, lomba telah digelar di tingkat kabupaten/kota dengan total peserta 436 sekolah.

Selanjutnya, dua sekolah terbaik dari setiap kabupaten/kota akan kembali bertemu pada level Provinsi Riau di Kota Pekanbaru. Dua sekolah ini bertanding dan memperebutkan Piala Bergilir dari gubernur Riau.

"24 sekolah dari 12 kabupaten dan kota mengikuti LCTP ini. Grand Final LCTP ini dilaksanakan di Gedung Serba Guna Politeknik Caltex Riau (PCR) Pekanbaru pada 2 September," ungkap Aspril.

Acara ini dapat terwujud berkat kerja sama seluruh pihak yang terlibat seperti PCR yang menjadi lokasi pelaksanaan kegiatan ini, Disdik Riau, Pemprov Riau, dan seluruh unit kerja Kanwil DJP Riau

"Acara ini akan disiarkan secara live melalui kanal YouTube Kantor Wilayah DJP Riau. Diharapkan, kegiatan ini dapat lebih memperluas penyebaran literasi perpajakan.

Sementara itu, Kepala Kanwil DJP Riau Ahmad Djamhari selaku pengarah pelaksanaan kegiatan LCTP ini mengapresiasi antusiasme para peserta dari seluruh peserta lomba. Pelajar SMA sederajat yang hadir hari ini harus bangga. 

"Karena dalam prosesnya telah berhasil mengungguli 412 sekolah lain yang menjadi peserta. Kami berharap, ilmu yang telah diperoleh melalui perlombaan kali ini akan menjadi bekal bagi peserta saat mereka memasuki usia produktif dan menjadi penggerak utama perekonomian negara ini," harapnya. 

Perlombaan LCTP ini mengutamakan kecepatan dan ketepatan. Peserta menjawab pertanyaan seputar perpajakan. 

Direktur Politeknik Caltex Riau Dadang Syarif Sihabudin Sahid mengatakan, kegiatan ini merupakan kerja sama nyata antara dunia pendidikan, pemerintah dan pekerjaan di sisi perpajakan. Melalui kegiatan ini, mahasiswa akan dibekali dengan berbagai pengetahuan mengenai perpajakan. 

"Pengetahuan perpajakan ini akan membantu mereka saat  memasuki dunia kerja,” ujarnya.

Sekolah yang berhasil lolos sampai dengan babak Grand Final LCTP kali ini antara lain, SMA Dharma Yudha, SMKN 1 Pekanbaru, SMA Negeri Binaan Khusus Kota Dumai, MAN 1 Kota Dumai, SMA Wahidin Bangko, SMA Setia Budi Bagansiapiapi. Kemudian, SMKN 1 Rengat, SMAN 1 Rengat Barat, MAN 2 Indragiri Hilir, SMAN 1 Tembilahan Hulu, SMAN Pintar Provinsi Riau, SMAN 1 Teluk Kuantan, SMA Swasta Cendana Mandau. Selanjutnya, SMA Swasta Bequranic, SMKN 1 Tebing Tinggi, SMKS Kasih Maitreya Selatpanjang, SMKN 1 Tapung, SMAN 2 Tambang, SMAN 1 Rambah, SMAN 3 Tambusai, SMA Mutiara Harapan, SMA Bernas Binsus, SMK 1 Mempura, SMAN 1 Siak.

Pemenang lomba adalah SMA Cendana Mandau, SMA Wahidin Bangko, dan SMK 1 Mempura. Kanwil DJP Riau juga memberikan apresiasi kepada peserta lomba dalam bentuk sekolah Terinklusi SMA Dharma Yudha, SMKN 1 Pekanbaru, dan SMA Mutiara Harapan. 

"SMA Cendana Mandau keluar sebagai juara pertama. SMA Cendana Mandau memperoleh Piala Bergilir Gubernur Riau dalam Lomba Cepat Tepat Perpajakan Tahun 2023," ungkap Ahmad.