Sulit Dijangkau, Pemadaman Karhutla di Riau Butuh Tambahan Helikopter

Sulit Dijangkau, Pemadaman Karhutla di Riau Butuh Tambahan Helikopter

3 Agustus 2023
Helikopter water boombing

Helikopter water boombing

RIAU1.COM - Tiga unit helikopter water boombing diturunkan untuk memadamkan api kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di tiga kabupaten di Riau.

Berdasarkan keterangan Kepala pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau M Edy Afrizal, tiga daerah yang masih terjadi Karhutla yakni Kabupaten Rokan Hilir, Pelalawan, dan Bengkalis.

"Untuk di tiga lokasi yang terjadi Karhutla yakni di Rokan Hilir, Pelalawan dan Bengkalis dilakukan pemadaman menggunakan helikopter water boombing," kata Edy Afrizal, Rabu (2/8/2023).

Lebih lanjut dikatakannya, dikerahkannya helikopter water boombing ini dikarenakan lokasi di tiga wilayah tersebut cukup sulit untuk dijangkau tim satgas darat dalam memadamkan kebakaran lahan.

"Di Pelalawan itu dekat sungai Kampar, di Rohil jauh dari pemukiman, dan di Mandau Bengkalis itu cukup sulit untuk diakses sehingga diperlukan pemadaman menggunakan helikopter," ujarnya.

Saat ini, pihaknya juga sudah mengajukan penambahan helikopter water boombing.  Usulan tersebut sudah disetujui pemerintah pusat, sehingga saat ini hanya tinggal menunggu dikirimkan ke Riau.

"Kami masih menunggu kiriman satu unit helikopter water boombing lagi, saat ini helikopter tersebut masih menunggu sparepart. Kemungkinan dalam waktu dekat akan segera dikirimkan. Jika sudah datang, maka akan ada empat helikopter water boombing dan tiga unit helikopter patroli di Riau," papar dia.*