Sumber Daya Alam di Riau Harusnya Dikelola Masyarakat Tempatan

Sumber Daya Alam di Riau Harusnya Dikelola Masyarakat Tempatan

28 Oktober 2023
Gubernur Riau, Syamsuar

Gubernur Riau, Syamsuar

RIAU1.COM - Potensi sumber daya alam (SDA) di Provinsi Riau yang berlimpah, baik itu minyak dan gas bumi (pertambangan), karet dan kelapa sawit (perkebunan), hingga perikanan, pertanian dan lainnya.

Dengan potensi yang luar biasa tersebut, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menyayangkan jika itu dikelola dan dimanfaatkan oleh orang atau daerah luar.

Sehingga, ia menginginkan agar koperasi yang ada di Bumi Lancang Kuning mengambil bagian dan berperan aktif. 

Selain itu, Riau sebut dia, juga memiliki iklim investasi yang sangat baik. Buktinya, tahun 2021, lanjut Gubri, Riau menempati peringkat lima nasional dan posisi pertama di Pulau Sumatera dalam hal realisasi investasi. Hal tersebut menurutnya, bukti nyata Riau semakin maju dan dikenal dalam sektor investasi. 

"Banyak peluang-peluang di Riau, apalagi kedepannya banyak investasi di sini (Riau), karena itu saya berharap koperasi bisa mengambil bagian dalam rangka memanfaatkan kesempatan kemajuan ekonomi yang ada di Riau," kata Syamsuar akhir pekan ini.

"Sayang kalau tidak dimanfaatkan. Kita tahu bahwa Riau punya potensi yang sangat luar biasa, baik pertambangan, perkebunan, pertanian, dan lainnya. Apalagi sekarang migas ada di hampir seluruh kabupaten kota di Riau. Tidak hanya itu, pelabuhan-pelabuhan di Riau juga tidak ada persoalan untuk kepentingan pelayaran ekspor dan impor berbagai negara. Allah memang bemberikan keberkahan untuk Provinsi Riau," papar Gubernur Syamsuar.*