Tahun Depan Literasi Keuangan Sasar Pelajar dan Mahasiswa Riau

Tahun Depan Literasi Keuangan Sasar Pelajar dan Mahasiswa Riau

23 Desember 2022
Kepala OJK Riau M Lutfi

Kepala OJK Riau M Lutfi

RIAU1.COM - Dalam upaya meningkatkan literasi keuangan di tahun 2023, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan fokus sasar kelompok pelajar dan mahasiswa.

Hal ini setelah adanya kasus ratusan mahasiswa di Yogyakarta terlilit hutang oleh Pinjaman Online alias Pinjol.

Berdasarkan keterangan Kepala OJK Riau M Lutfi mengatakan, upaya literasi keuangan dengan sasar kelompok pelajar dan mahasiswa sudah dibahas di internal OJK pusat. OJK menganggap literasi keuangan pada kelompok ini masih tergolong lemah, sehingga perlu langkah masif agar kasus serupa tidak terulang kembali khususnya di Provinsi Riau.

“Terkait mekanismenya tengah dibicarakan dengan Tim Satgas Waspada Investasi,” tuturnya di Pekanbaru, Jumat (23/12)

Lutfi menyebut, salah satu momentum tepat untuk memberikan literasi keuangan kepada pelajar dan mahasiswa yakni pada saat penerimaan peserta didik baru. Polanya menyesuaikan.

"Bisa kita datang langsung ke sekolah atau kampusnya, atau kita bisa undang mereka ke kantor OJK,” kata dia.

Menurutnya, informasi dan pemahaman dasar tentang pemanfaatan teknologi dalam industri keuangan sudah selayaknya diketahui oleh kelompok pelajar dan mahasiswa sejak dini.

Harapannya, selain mereka memiliki ‘imun’ agar tidak terjerat Pinjol dan investasi ilegal, kelompok intelektual ini juga bisa mampu meneruskan pengetahuan mereka (literasi keuangan) kepada kelompok - kelompok lain di sekitarnya, seperti keluarga, kelompok masyarakat di sekitar lingkungan mereka tinggal atau di tempat mereka akan mengabdi.

Lutfi menyebut, dengan perkembangan teknologi, kelompok ini sudah selayaknya paham tentang bisnis atau industri keuangan.

"Terutama hal-hal yang berkaitan dengan risiko, manfaat dan keuntungannya," imbuh Lutfi.*