Tangani Banjir di Riau, Tim Satgas Siaga Bencana Hidrometeorologi Dibentuk

Tangani Banjir di Riau, Tim Satgas Siaga Bencana Hidrometeorologi Dibentuk

10 Januari 2024
Gubernur Riau, Edy Natar

Gubernur Riau, Edy Natar

RIAU1.COM - Salah satu langkah yang diambli Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau untuk penanganan banjir di kabupaten kota, yakni dengan membentuk komando satuan tugas (Satgas) siaga darurat penanggulangan bencana hidrometeorologi (banjir, tanah longsor, dan angin puting beliung). 

"Untuk penanganan banjir, kita bentuk tim. SK tim satgas siaga darurat penanggulangan bencana sudah saya teken," kata Gubernur Riau (Gubri), Edy Natar, Rabu (10/1). 

Lalu Edy menyebutkan, tim satgas tersebut merupakan tim gabungan dari semua unsur pemerintah dan TNI/Polri serta instansi terkait lainnya untuk penanganan banjir. 

"Tim ini supaya kita lebih efektif koordinasi dalam penanganan banjir jika membutuhkan sesuatu di lapangan. Kami harap tim dapat bekerja maksimal dalam membantu masyarakat terdampak bencana banjir," sebut dia.

Sementara itu Kepala Pelaksana (Kalaksa) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, M Edy Afrizal mengatakan, jika SK tim satgas siaga darurat penanggulangan bencana hidrometeorologi sudah diteken Gubernur Riau. 

"SK satgas sudah selesai di harmonisasi, dan sudah diteken pak Gubernur. Dengan dibentuknya tim ini penanganan banjir bisa kolaborasi dengan satu komando," kata Edy Afrizal, Rabu (10/1). 

"Satgas ini dikomandoi langsung oleh pak Gubernur, sedangkan Forkopimda seperti pak Kapolda, Danrem, Danlanud, dan Danlanal serta pak Sekda Riau itu sebagai wakil komando," tukasnya.*