Tekan Pemborosan Listrik Gedung Pemprov Riau, Ini yang Dilakukan Dinas ESDM

Tekan Pemborosan Listrik Gedung Pemprov Riau, Ini yang Dilakukan Dinas ESDM

24 April 2024
Kantor Gubernur Riau/Net

Kantor Gubernur Riau/Net

RIAU1.COM - Bimbingan Teknis (Bimtek) penerapan manajemen energi gedung pemerintah di wilayah Sumatera Bagian Utara diharapkan Kepala Dinas Energi Sumberdaya Mineral (ESDM), Herman, dapat membangun komitmen berbagai pihak di lingkungan Pemprov Riau dalam menekan pemborosan penggunaan listrik di gedung pemerintah di Provinsi Riau. 

"Diharapkan dapat terbangunnya komitmen melalui dukungan masif serta koordinasi efektif gerakan penghematan energi antara stakeholder di lingkungan Pemprov Riau," kata Herman.

Lalu Herman menjelaskan, dalam rangka mengimplementasikan Peraturan Pemerintah Nomor 33 tahun 2023, tentang konservasi energi yang mewajibkan instansi pemerintah pusat dan daerah untuk menerapkan manajemen energi pada sarana dan prasarana yang dikelola termasuk bangunan gedung.

Sebab itu terang Kadis ESDM Riau tersebut, maka Pemerintah Provinsi Riau dalam hal ini Dinas ESDM selaku unsur pelaksana pemerintah di sektor Energi dan Sumber Daya Mineral sesuai dengan Perda Nomor 2 Tahun 2014 telah mengembangkan aplikasi Riau Energi Saving Government Office (Resgo) pada tahun 2016 lalu. 

"Resgo ini merupakan suatu sistem yang terdiri dari personil, peralatan, aplikasi informasi yang berbasis teknologi informasi dalam melaksanakan manajemen penghematan energi dan air pada bangunan gedung Pemerintah Provinsi Riau," tutur dia.

Sebutnya lagi, secara konseptual penerapan sistem ini dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas gerakan konservasi energi di lingkungan Pemerintahan Provinsi Riau.

"Di masa yang akan datang diharapkan melalui strategi Resgo ini tercapai penghematan pemakaian listrik di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau," ucapnya.*