Truk Odol Penyebab Jalan di Inhu-Inhil Rusak, Gubri Mengaku Cari Solusi

Truk Odol Penyebab Jalan di Inhu-Inhil Rusak, Gubri Mengaku Cari Solusi

10 April 2023
Jalan rusak di Inhu dan Inhil akibat truk ODOL

Jalan rusak di Inhu dan Inhil akibat truk ODOL

RIAU1.COM - Jalan rusak di Kuala Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), hingga ruas jalan lintas menuju Indragiri Hilir (Inhil) ditinjau Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar.

Ruas jalan tersebut sempat viral di sosial media lantaran berulang kali hancur lantaran dilewati truk obesitas mengangkut batu bara.

Syamsuar mengakui, bahwa truk muatan angkutan batu bara melebihi batas maksmial (tonase) atau truk over dimension over loading (ODOL) merupakan satu di antara penyebab kerusakan jalan di Provinsi Riau.

“Muatan yang lewat sini bisa mencapai 30 ton, sangat tak sebanding dengan kekuatan badan jalan,” ujar Gubri Syamsuar, Senin (10/04).

Kendati begitu, Gubri Syamsuar mengaku terus berupaya mencari solusi. Sehingga, ia berharap permasalahan angkutan ini bisa diatasi bersama.

"Jangan sampai kita cuma kebagian jalan rusak. Nanti kita panggil [perusahaan batubara], harus ada solusi penyelesaiannya," ungkapnya.

Lebih lanjut, dia menyayangkan masih banyaknya melihat mobil-mobil besar yang melebihi kapasitas melintas di jalan Kuala Cenaku. Setelah dari peninjauan ini, Syamsuar bakal memanggil pihak perusahaan untuk mencari jalan keluarnya.

“Terkait mobil pengangkutan yang muatannya lebih dari kapasitas, sebetulnya ada di kenakan sanksi. Namun, Dinas Perhubungan kan tak bisa juga setiap hari memberikannya. Terkait itu kita akan tindak lanjuti bersama dan kalau masih tidak bisa menyelesaikan masalah nanti akan kita panggil perusahaan itu.” tutupnya.*