Unri dan Jepang Jajaki Kerja Sama Pertukaran Pengetahuan Kebudayaan

Unri dan Jepang Jajaki Kerja Sama Pertukaran Pengetahuan Kebudayaan

24 November 2023
Pertemuan Pimpinan Universitas Riau dengan Konsulat Jepang

Pertemuan Pimpinan Universitas Riau dengan Konsulat Jepang

RIAU1.COM - Universitas Riau (Unri) membuka peluang kerjasama dengan Jepang, baik itu dari sisi Perguruan Tinggi, Pemerintah Jepang maupun dengan swasta yang ada di Jepang.

Hal tersebut disampaikan Rektor Unri, Prof Dr Sri Indarti usai menerima kunjungan Konsulat Jendral Jepang Wilayah Medan dan Sekitarnya Mr Takonai Susumu.

"Maksud kedatangan Konsulat Jendral Jepang berkunjung ke UNRI adalah untuk menjalin silahturrahmi dengan perguruan Tinggi wiliayah Kerja dari Konsulat Jepang yang meliputi Sumatera Bagian Tengah,"kata Prof Dr Sri Indarti. 

“Kita memikirkan bagaimana agar kerja sama dengan Jepang terus kita tingkatkan. Banyak dosen kita juga lulusan Jepang, sehingga Jepang bukanlah orang baru bagi kita, melainkan mitra kita (UNRI red) yang telah lama berjalan bersama,” tambah dia.

Sementara itu, Wakil Rektor Bidang Kerjasama Perencanaan dan Sistem Informasi, Dr Ir Syofian Husein Siregar berharap ada visiting lecture, join research, students exchange, dan kerja sama lainnya.

"Unri ini memiliki kekuatan dalam keragaman budaya, yang saya harapkan dapat dikemas dengan baik sebagai bahan kerja sama pertukaran pengetahuan kebudayaan dengan Jepang,” harapnya.

Menanggapi hal tersebut, Konjen Jepang, Mr Takonai memngaku akan berusaha melakukan komunikasi intensif dengan otoritas Jepang agar apa yang menjadi keinginan Rektor UNRI tersebut dapat segera terealisasi.

"Kami disini hadir sebagai perpanjangan tangan pemerintah Jepang, tentunya apa yang menjadi keinginan bu Rektor untuk menjalin Kerja sama akan sangat berati bagi kami," tutur Mr Takonai Susumu.*