Wagubri Sebut Indeks Kerukunan Umat Beragama di Riau Meningkat Signifikan

Wagubri Sebut Indeks Kerukunan Umat Beragama di Riau Meningkat Signifikan

20 Mei 2023
Wagubri Edy Natar

Wagubri Edy Natar

RIAU1.COM - Kerukunan umat beragama di Bumi Melayu Lancang Kuning diharapkan Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Edy Natar pada tahun politik ini tetap pada situasi kondusif dan terjaga. 

"Mengingat saat ini sudah berada di tahun politik, meskipun berbeda partai dan pilihan namun kerukunan umat beragama menjadi kewajiban bersama agar tetap terjaga dengan baik," kata Edy akhir pekan ini.

"Tidak ada yang bisa menjaga kondusifitas daerah kita ini selain kita yang ada di daerah ini," tambahnya. 

Ia menjelaskan bahwa tahun 2021 lalu, indeks kerukunan umat beragama di Provinsi Riau dianggap cukup rendah yakni berada pada 69,2 persen. Namun pada tahun 2022 meningkat menjadi 78 persen sehingga ada peningkatan yang signifikan yakni sebesar 6,8 persen.

"Capaian ini tentu bukan sesuatu yang kebetulan tetapi sebuah upaya yang kita lalukan secara bersama," terangnya

Dengan capaian tersebut, masyarakat yang ada di Bumi Melayu Lancang Kuning bisa memperlihatkan bahwa penilaian yang selama ini dinilai tingkat kerukunan umat beragama rendah dapat terjawab dengan kerjasama yang baik selama ini. 

"Kondisi ini perlu kita pelihara bersama agar kedepan yang telah diraih ini bisa memberikan keyakinan di pemerintah pusat supaya tidak beranggapan lagi kita di Riau ini termasuk orang yang sulit diajak berukun," ujarnya. 

"Saya kira ini akan terpatahkan dengan apa yang sudah kita laksanakan selama ini," sebut dia.*