Wujudkan Ketahanan Pangan Riau, Seperti Ini Sikap Gubri pada Petani

Wujudkan Ketahanan Pangan Riau, Seperti Ini Sikap Gubri pada Petani

15 Februari 2023
Gubri Syamsuar

Gubri Syamsuar

RIAU1.COM - Persoalan pangan di Provinsi Riau disebut Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar harus menjadi perhatian khusus, sebab pangan merupakan hal penting yang harus diperhatikan untuk kebutuhan masyarakat.

"Saya sangat serius dengan pangan," kata Gubri awal pekan ini.

Saat kunjungan kerja di Kabupaten Kuansing, usai melakukan panen raya bawang merah, Gubri melakukan dialog langsung dengan para petani. 

Salah seorang petani, Salventri, yang tergabung dalam gapoktan Gembira Desa Ujung Tanjung, meminta saluran irigasi agar kebutuhan air untuk tanaman pangannya dapat tercukupi di musim kemarau tiba.

Menanggapi hal tersebut, Syamsuar mengatakan segera mengupayakan bantuan irigasi tersebut, asalkan bisa dimanfaatkan dengan baik untuk produksi bahkan bisa meningkatkan jumlah panen nantinya.

Sementara dalam kunker di kabupaten Kampar belum lama ini, gubernur juga menyerahkan bantuan alsintan berupa alat perontok padi (Power Threser) kepada kelompok tani yang ada di Desa Sipungguk, Kecamatan Salo, Kabupaten Kampar, dengan tujuan bisa meningkatkan penghasilan petani padi kedepannya.

"Kalau petani minta langsung kita eksekusi, asalkan jumlah panen dan produksinya bisa meningkat," jelas Syamsuar.*