Zona KHAS Pertama di Provinsi Riau Diresmikan

Zona KHAS Pertama di Provinsi Riau Diresmikan

3 November 2023
Peresmian Riau Garden sebagai Zona KHAS pertama di Riau

Peresmian Riau Garden sebagai Zona KHAS pertama di Riau

RIAU1.COM - Riau Garden diresmikan Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar sebagai Zona Kuliner Halal, Aman dan Sehat (KHAS) pertama di Provinsi Riau, Kamis, (2/11).

Pembentukan Zona KHAS, selain  untuk mewujudkan zona kuliner yang halal, aman, bersih dan sehat, juga sebagai bentuk pengelolaan usaha kuliner agar sesuai dengan jaminan produk halal (JPH).

“Ini sudah lama ditaja oleh Pak Wapres, pada awal-awal kami mengikuti rapat di Kantor Menteri Keuangan waktu itu. Mengenai bagaimana disemua daerah baik Provinsi maupun Kabupten/Kota agar memiliki Zona KHAS,” kata Gubri Syamsuar.

Sambung Syamsuar menjelaskan, sebelum memutuskan Riau Garden sebagai Zona KHAS pertama di Riau, pihaknya telah lebih dulu melakukan survei kebeberapa pusat kuliner yang ada di Kota Pekanbaru.

“Kami untuk Pekanbaru sudah mensurvei sebelumnya. Pertama di Jalan Arifin Achmad dan Jalan Sumatera. Dan yang paling pas untuk pertama ini adalah Riau Garden karena paling banyak (tenant),” kata dia.

Syamsuar berharap kedepan, Zona KHAS ini akan dapat dibuka pula di Kabupaten/Kota lain yang ada di Riau. Sehingga ekonomi syariah di Provinsi Riau akan semakin meningkat.

“Semoga akan bertambah Zona KHAS kita, diseluruh Kabupaten/Kota yang ada di Riau. Sehingga ini dapat menjadi lokomotif kemajuan UMKM yang bisa mengungkit pertumbuhan ekonomi Riau dimasa yang akan datang,” demikian Gubri Syamsuar.*