Selasa, 27 Juli 2021

ROKAN-HILIR

Memperingati Sumpah Pemuda Capella Honda Riau Tularkan Siswa SMK Teknologi Balam untuk Siap 'Cari Aman' Melalui Webinar

news24xx


Instruktur Safety Riding Capella Honda Riau, Abdullah Hamdi saat menyampaikan materi dalam webinar Instruktur Safety Riding Capella Honda Riau, Abdullah Hamdi saat menyampaikan materi dalam webinar

RIAU1.COM - Keselamatan berkendara adalah ilmu yang wajib diketahui oleh semua orang khususnya pengendara karena kapanpun dan dimanapun kecelakaan saat berkendara dapat menimpa siapapun tidak memandang usia maupun profesi. Kecelakaan membawa kerugian bagi pengendara.

Dimana 20 persen kerugian seperti terluka, biaya perbaikan kendaraan, biaya pengobatan terlihat oleh kita. Namun, 80 persen kerugian seperti kehilangan pekerjaan, cacat, miskin, kehilangan keluarga, miskin, bahkan meninggal dunia. 

Untuk itu PT Astra Honda Motor (AHM) dan PT Capella Dinamik Nusantara (CDN) Riau berkomitmen untuk menyebarkan ilmu keselamatan berkendara kepada masyarakat. Hal ini diwujudkan dengan kegiatan edukasi safety riding yang dilakukan bekerjasama dengan SMK Teknologi Balam, Kabupaten Rohil melalui edukasi online web seminar yang diikuti oleh 70 peserta dengan tema Pemuda Indonesia siap #Cari_Aman.
    
Sedia Manurung selaku Wakil Bidang Kurikulum SMK Teknologi Balam menyampaikan, kegiatan ini sangat penting bagi siswa siswi SMK Teknologi Balam saat berkendara nantinya, karena pada saat telah memasuki umur 17 tahun dan memiliki SIM, kegiatan berkendara akan menjadi kegiatan rutin mereka dalam kehidupan sehari hari.

Baca Juga: Lapas Bagan Siapi-api Mendadak di Razia, Hasilnya Nihil



www.jualbuy.com

"Berkendara bukan hanya cukup bisa saja, namun juga ada ilmunya agar aman dan tertib saat di jalan raya. Tahun ini kegiatan edukasi safety riding dilaksanakan online via web seminar berbeda dengan tahun sebelumnya yang dilaksanakan langsung ke sekolah," kata Manurung.

"Kami akan mendukung program safety riding edukasi yang dilakukan oleh AHM dan Capella Honda Riau, karena edukasi yang diberikan kelak menjadi bekal peserta. Harapan kami semoga seluruh peserta yang mengikuti edukasi ini dapat menyerap ilmu yang diberikan dan menjadi bagian dari pelopor keselamatan berkendara di jalan raya," sebutnya.

Sama dengan kegiatan seminar online safety riding yang sudah beberapa kali dilakukan, dalam kegiatan yang digelar Rabu 28 Oktober 2020 ini, sebelum penyampaian materi safety riding para siswa mengikuti pre-test online untuk mengetahui tingkat pemahaman peserta dalam berkendara. 

Abdullah Hamdi Batubara, selaku Instruktur Safety Riding Capella Honda Riau menuturkan, dalam faktor penyebab kecelakaan tertinggi adalah faktor manusia dengan angka 61 persen lalu 30 persen disebabkan oleh faktor lingkungan dan 3 persen disebabkan oleh faktor kendaraan.

Baca Juga: JMSI Rohil Dukung Majelis Adat Terkait Pengelolaan Blok Rokan

"Kondisi hujan termasuk dari faktor penyebab kecelakaan yang disebabkan oleh lingkungan. Pada saat kita berkendara di kondisi hujan ada beberapa kondisi  yang harus di antisipasi diantaranya aqua planning, water hammer, hipotermia, dan dehidrasi," sebut Hamdi.

Hamdi menjelaskan, Aqua planning merupakan kondisi dimana ban sepeda motor tidak menapak sempurna dengan aspal diakibatkan oleh permukaan air yang tidak teralirkan secara sempurna oleh ban. Hindarilah genangan air saat kita berkendara.

"Jika tidak memungkinkan dihindari, gunakan kecepatan rendah dan gunakan rem kombinasi pada saat mengerem dengan komposisi rem belakang lebih banyak. Tetap tenang dan jangan panik," pungkasnya.

Sementara itu, Jonny Winata selaku Sales Dept Head PT CDN Riau mengatakan, kegiatan ini merupakan wujud komitmen AHM dan Capella Honda Riau dalam menyebarkan ilmu keselamatan berkendara kepada masyarakat. 

“Semoga dengan Webinar Safety Riding dapat memberikan wawasan bagi siswa SMK Teknologi Balam dan membantu dalam meraih impian melalui bekal, serta pemahaman akan keselamatan berkendara. #Cari_Aman saat naik motor dan patuhi protokol kesehatan yang diterapkan pemerintah," tukasnya.





loading...
Loading...