Pemkab Rohil Mengaku Komitmen Tekan Angka Stunting

Pemkab Rohil Mengaku Komitmen Tekan Angka Stunting

27 Februari 2023
Gebyar AKS di Rokan Hilir

Gebyar AKS di Rokan Hilir

RIAU1.COM - Bagian dari upaya kasus stunting, Provinsi Riau menggelar gebyar Audit Kasus Stunting (AKS) yang dipusatkan di Posyandu Berkah Bersama, Jalan Tengku Bey, Kelurahan Air Dingin, Kecamatan Bukit Raya, Pekanbaru. Acara tersebut diikuti oleh 12 Kabupaten/Kota di Provinsi Riau secara virtual.

Sementara itu dari jajaran pemerintahan Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) kegiatan ini diikuti oleh Asisten II Setdakab Rohil, Rahmatul Zamri secara virtual di Kantor Penghulu Labuhan Tangga Hilir. 

Selain dihadiri oleh Asisten II Kabupaten Rokan Hilir, acara tersebut juga turut dihadiri oleh perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Kabupaten (BKKBN) Kabupaten Rokan Hilir, juga perwakilan dari Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (Dinas P2KBP3A) Kabupaten Rokan Hilir.

Selain gebyar audit kasus stunting, dilakukan juga pelayanan Keluarga Berencana (KB) serentak di seluruh wilayah Provinsi Riau. 

Pelayanan ini dimaksudkan untuk meningkatkan capaian keikutsertaan pasangan usia subur melalui program KB. Hal tersebut juga dilakukan untuk upaya penurunan angka kebutuhan yang tidak terpenuhi yang merupakan salah satu target layanan intervensi sensitive yang harus diturunkan seusai amanat Perpres Nomor 72 Tahun 2021.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution mengatakan, Provinsi Riau sudah memiliki sejumlah komponen pendukung Percepatan Penurunan Stunting yang terdiri dari tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) tingkat provinsi.*