Rohil Punya Aplikasi Smart Indra, Masyarakat Bisa Lapor Kriminalitas

Rohil Punya Aplikasi Smart Indra, Masyarakat Bisa Lapor Kriminalitas

2 Maret 2024
Pemaparan fungsi Aplikasi Smart Indra Pemkab Rohil

Pemaparan fungsi Aplikasi Smart Indra Pemkab Rohil

RIAU1.COM - Kepala Dinas (Kadis) Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfotiks) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Indra Gunawan, mengatakan tren inovasi digital dari sistem pelayanan dapat mendorong percepatan penanganan yang dibutuhkan untuk merespon peristiwa yang terjadi ditengah-tengah masyarakat. 

"Diskominfotiks Rohil telah melakukan pengembangan platform digital berbasis web yang dinamakan Aplikasi Smart Indra, atau Selamatkan Masyarakat, Indah dan Sejahtera. Melalui platform ini, masyarakat lebih mudah melaporkan peristiwa di lingkungan mereka dengan membuka website tersebut,"kata Indra belum lama ini.

Aplikasi ini terang dia, dapat memberikan kemudahan masyarakat untuk melaporkan peristiwa kebakaran, kecelakaan, laporan terkait keamanan dan kriminalitas, bencana alam, dan peristiwa yang butuh penanganan cepat lainnya, seperti ibu melahirkan atau orang sakit yang harus segera dijemput ambulance. 

"Bahkan, aplikasi ini bersifat realtime karena setiap laporan akan menerima nada notifikasi dari handphone admin," ujarnya lagi.

Indra mengungkapkan, aplikasi ini sudah digunakan di beberapa daerah, terutama di Jakarta dan kota besar lainnya. Dia menyatakan, Diskominfotiks Rohil sudah siap untuk menjalankan aplikasi ini karena ditunjang SDM dan peralatan pendukung lainnya.*