Sekda Rohil Sebut Tunda Bayar dari Pusat ke Daerah Salah Satu Penyebab Inflasi

Sekda Rohil Sebut Tunda Bayar dari Pusat ke Daerah Salah Satu Penyebab Inflasi

15 Desember 2023
Rapat TPID Rokan Hilir

Rapat TPID Rokan Hilir

RIAU1.COM - Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil)mendorong masyarakat untuk mengubah pola konsumsi dengan berbelanja produk lokal, dan menjaga komoditas pangan guna mengendalikan inflasi pangan. 

Komoditas bahan pangan yang mengalami kenaikan harga serta sering terjadi fluktuasi sehingga turut andil menyumbang inflasi diantaranya beras dan cabai merah keriting. 

Sekdakab Rohil, Fauzi Erizal meminta setiap OPD berkolaborasi dan bergerak cepat serta membangun komunikasi dalam pengendalian inflasi. Apalagi sekarang ini, sudah memasuki akhir tahun dan merupakan barometer bagaimana kondisi ekonomi masyarakat sampai tingkat paling bawah.

"Angka kemiskinan kita juga cukup tinggi dan persoalan ini sudah saya sampaikan ke pusat untuk mendapatkan perhatian lebih," kata Sekda.

Kemudian Sekda juga mengungkapkan dampak banjir terhadap kesehatan masyarakat beberapa waktu lalu, yang mana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rohil telah mengambil langkah dengan membuka dapur umum sebagai salah satu upaya penanganan bencana banjir.

Dia juga menyinggung keterlambatan transfer pembayaran dari pusat ke daerah serta tunda bayar juga dapat mengakibatkan inflasi yang tinggi karena ketidakmampuan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan pokok.

Sekda juga mengingatkan di era sekarang ini, pemenuhan kebutuhan informasi sangat dibutuhkan sehingga diperlukan inovasi digital mengingat Presiden sudah meluncurkan aplikasi SIPD RI dan JIPPNas yang terkoneksi dengan KPK RI.*