Mahasiswa Kukerta UNRI di Rohul Ciptakan Alat TTG Cuci Tangan

Mahasiswa Kukerta UNRI di Rohul Ciptakan Alat TTG Cuci Tangan

14 Juli 2020
Penyerahan TTG dari mahasiswa Unri kepada Koramil Rambah/R1

Penyerahan TTG dari mahasiswa Unri kepada Koramil Rambah/R1

RIAU1.COM -ROKAN HULU- Mahasiswa UNRI Pekanbaru yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) di Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) ciptakan Tekhnologi Tepat Guna (TTG) berupa alat cuci tangan.

Alat cuci tangan tersebut diciptakan guna pencegahan penularan Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) yakni dengan cara rutin lakukan cuci tangan dengan menggunakan sabun dan air mengalir.

Program ini merupakan bentuk kepedulian terhadap antisipasi penyebaran Covid-19, mahasiswa UNRI Pekanbaru yang mengikuti Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) di Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) ciptakan Tekhnologi Tepat Guna (TTG) berupa alat cuci tangan.

TTG berupa rangkaian pipa paralon dengan tinggi 150 cm, yang sudah di desain Mahasiswa Kukerta UNRI tersebut dipergunakan untuk cuci tangan. Alat tersebut di serahkan ke beberapa pihak dimana tempat atau lokasi kegiatan Kukerta tersebut.

Salah satunya, alat TTG cuci tangan itu diserahkan ke pihak Koramil 02/Rambah. Dimana, cara pengoperasiannya yakni, jika bagian tengah alat ditekan dengan menggunakan kaki maka dengan secara otomatis sabun yang ada di atas akan keluar.

Roni Wahyudi, salah seorang mahasiswa Kukerta UNRI mengatakan, alat ini merupakan ciptaannya bersama rekan peserta Kukerta UNRI. Dimana, dalam pengoperasiannya, tidak perlu menyentuk sabun saat mencuci tangan.

"Dengan menggunakan alat ini, kita tidak perlu menyentuh sabun, cukup menekan alat TTG dengan kaki. Dengan demikian, penyebaran covid 19 dapat di manimalisir,”sebutnya saat menyerahkan alat TTG tersebut kepada Koramil 02/Rambah, Selasa (14/7/20).

Saat kedatangan Mahasiswa Kukerta UNRI bersama Camat Rambah Arie Gunadi, disambut langsung Danramil 02 Rambah Kodim 0313/KPR Kapten Inf Kasmir dihalaman kantor Koramil 02 Rambah Desa Koto Tinggi, Kecamatan Rambah.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada adek-adek mahasiswa UNRI yang telah berkunjung dan memberikan teknologi tepat guna di kantor Koramil 02 Rambah,” kata Kapten Inf Kasmir.

Di tempat yang sama, Camat Rambah Arie Gunadi berharap dengan diberlakukan New Normal saat ini oleh pemerintah masyarakat dapat mengikuti protokol kesehatan.

"Kita harus membiasakan mengunakan masker jika ingin keluar rumah, cuci tangan dan jaga jarak,”papar Arie Gunadi.

“Mudah mudahan dengan mengikuti protokol kesehatan, kita berharap penyebaran covid 19 bisa kita manimalisir,” jelasnya. (AS)