Minggu, 28 Februari 2021

ROKAN-HULU

Rendam Ratusan Rumah, Banjir Juga Putus Akses Kota Pasir Pengaraian

news24xx


Banjir Banjir

RIAU1.COM -

 

ROKAN HULU--Tingginya curah hujan yang mengguyur Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) membuat meluapnya air sungai. Sehingga, merendam ratusan rumah khususnya di Kecamatan Rambah.


Sedikitnya ada 655 rumah di empat Desa/Kelurahan di Kecamatan Rambah yang terendam banjir. Diantaranya, di Desa Babusalam ada 350 rumah, Desa Pematang Berangan 85 rumah, Kelurahan Pasir Pengaraian sebanyak 90 rumah dan Desa Rambah Tengah Hulu (Pawan) 125 rumah.


Banjir disebabkan meluapnya aliran Sungai Batang Lubuh atau Sungai Rokan Kanan dan Sungai Pawan, dampak tingginya curah hujan sejak Rabu (23/12) sore hingga Kamis (24/12) pagi.


Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rokan Hulu Ir H Zulkifli Said M.Si, melalui Sekretaris BPBD Rokan Hulu Afrizal, SP, M.IP, mengatakan dampak tingginya curah hujan, sedikitnya tiga sungai besar yang ada waspada banjir, terdiri Sungai Rokan, Sungai Batang Lubuh, dan Sungai Batang Sosa.


"Sejauh ini sebaran banjir terjadi di tiga desa dan satu kelurahan yang ada di Kecamatan Rambah, yaitu di Desa Rambah Tengah Hulu, Desa Rambah Tengah Hulu, Desa Babussalam, dan Kelurahan Pasirpengaraian," jelas Afrizal, Kamis siang.


Afrizal menyebutkan, selain merendam ratusan rumah, akibat banjir, akses transportasi untuk Kota Pasir Pengaraian, tepatnya di Simpang Supra terputus, dengan kedalaman air mencapai 100 centimeter.


Afrizal mengaku personel BPBD Rokan Hulu bersama personel TNI dan Polri sudah berada di lokasi banjir sejak Kamis pagi, dan membantu evakuasi warga yang terdampak parah bencana banjir.


BPBD Rokan Hulu juga memasang tenda pengungsi untuk siaga dalam penanganan banjir di Kecamatan Rambah.


"Ada beberapa warga yang mengungsi ke rumah sanak keluarganya," pungkas Afrizal. (Amsur)





loading...
Loading...