Bantuan Pemkab Rohul Bagi Masyarakat Terdampak Kenaikan BBM hanya Rp4 Miliar

Bantuan Pemkab Rohul Bagi Masyarakat Terdampak Kenaikan BBM hanya Rp4 Miliar

10 September 2022
Sekretaris Daerah Rohul, M.Zaki

Sekretaris Daerah Rohul, M.Zaki

RIAU1.COM - Bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Polres Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) gelar focus group discussion (FGD) dengan tema Kebijakan Pengalihan Subsidi (BBM) yang dibuka Sekretaris Daerah (Sekda) Rohul M.Zaki di convention hall islamic center Rohul Jum'at (09/09).

FGD ini merupakan respon Pemkab Rohul pasca adanya kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) oleh pemerintah, dan untuk menyikapi kenaikan harga BBM serta mengantisipasi gejolak sosial di masyarakat.

Sekda mengatakan, untuk menindaklanjuti kebijakan Kemendagri, semua pemerintah daerah baik Kabupaten Kota maupun Provinsi harus memperhatikan keadaan masyarakat, terutama dampak kenaikan harga BBM.

"Pemerintah pusat sudah memerintahkan pemerintah daerah untuk menyediakan anggaran 2 persen dari dana DAU dan BBH, sudah dihitung Rohul ada stok sekitar Rp4 milyar, dan nanti akan diminta persetujuan dari DPRD di Perubahan,"jelas Sekda.

Terang sekda lagi, dalam membantu masyarakat saat ini, pemerintah telah menyiapkan bantuan sosial dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan dana Desa dan akan dilakukan pendataan ulang agar penyalurannya tepat sasaran.

"Akan tercover di APBD, dengan bantuan terhadap pelaku transportasi ini kami sedang mencari formulanya, bagaimana formula program dan kegiatan untuk membantu kawan-kawan dari pelaku usaha transportasi, karena kami sudah mengajukan, "ungkap sekda M.Zaki

Sementara itu Kapolres Rohul AKBP Pangucap Priyo Soegito mengatakan dengan adanya kebijakan penyesuaian harga BBM saat ini pemerintah pusat dan daerah telah mengantisipasi dampak dari harga BBM, dan telah menyiapkan solusinya.

"Sebenarnya itu ada kuota, dan kita tahu sendiri mayoritas masyarakat di Kabupaten Rokan Hulu ini menggunakan bahan bakar bersubsidi dalam kegiatan sehari-hari, termasuk usahanya," sebut dia.*