Angka Stunting di Rohul Masih 18 Persen

Angka Stunting di Rohul Masih 18 Persen

11 Desember 2022
Bupati Rohul, Sukiman kunker di Rambah hilir

Bupati Rohul, Sukiman kunker di Rambah hilir

RIAU1.COM - Sebagai upaya mewujudkan Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) bebas stunting, Bupati H. Sukiman dan Ketua TP PKK Rohul Hj. Peni Herawati Sukiman memberikan makanan tambahan bergizi kepada anak-anak, yang dipusatkan dihalaman Kantor Camat Rambah Hilir akhir pekan ini.

Bebas Stunting ini juga untuk mewujudkan Visi Misi Bupati dan Wakil Bupati Rohul untuk mewujudkan kualitas sumber daya manusia cerdas dan sehat dilandasi keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang maha esa.

Bupati Sukiman menjelaskan, Pemkab Rohul Rohul komit dalam penurunan angka stunting di Negeri Seribu Suluk. Pasalnya, sejak tahun 2018 angka prevalensi stunting di Rohul dari angka 27% turun menjadi 18%, artinya Pemkab Rohul akan menurunkan 4% lagi sehingga menjadi 14% sesuai dengan target pemerintah.

Sebab itu, pencegahan stunting pada anak berusia di bawah lima tahun (balita) akibat kekurangan gizi kronis dan infeksi berulang terutama pada periode 1.000 hari pertama kehidupan (HPK), yaitu dari janin hingga anak berusia 23 bulan.

"Secara langsung stunting disebabkan asupan yang kurang dan penyakit infeksi yang keduanya saling mempengaruhi. Secara tidak langsung, ketahanan pangan hingga tingkat rumah tangga, pola asuh, serta akses terhadap kelayakan sanitasi utamanya air bersih harus ditingkatkan," kata Bupati Sukiman.

“Untuk itu kami berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat Rambah Hilir yang mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya. khusus kegiatan sunat masal dan pengobatan gratis, semoga memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat rambah hilir, dalam rangka meningkatkan paradigma hidup sehat yang pada akhirnya akan membawa masyarakat kepada kualitas hidup yang lebih baik untuk yang akan datang,” harapnya.*