Bandara Tuanku Tambusai Pasir Pengaraian akan Diserahkan ke Kemenhub

Bandara Tuanku Tambusai Pasir Pengaraian akan Diserahkan ke Kemenhub

5 Mei 2024
Menhub Budi Karya tinjau Bandara Tuanku Tambusai

Menhub Budi Karya tinjau Bandara Tuanku Tambusai

RIAU1.COM - Menteri Perhubungan (Menhub) Dr Budi Karya Sumadi melakukan peninjauan Bandara Tuanku Tambusai Pasir Pengaraian, didampingi Dirjen Udara Maria Kristi Endah Murni, Karo SDMO Wismantono, Direktur Bandar Udara, Lukman F Laisa akhir pekan ini.

Budi Karya mengapresiasi keberadaan Bandara TuanKu Tambusai, namun dia meminta kegiatan di Bandara harus dioptimalkan untuk memudahkan masyarakat melakukan perjalanan dari kabupaten Rokan Hulu ke tempat lain.

"Menurut saya, Bandara Tuanku Tambusai sudah bagus, apalagi sekarang ini sudah ada konektivitas ke Batam seminggu dua kali, namun kami berpikir bandara itu harus dioptimalkan, oleh karenanya rute penerbangannya tidak hanya ke Batam, tapi juga ke daerah lain seperti Medan dan lainnya," kata Budi.

Sebelum melakukan itu, lanjut Budi, yang harus dilakukan terlebih dahulu yakni menyegerakan proses penyerahan aset kepada Kementerian Perhubungan, dan sekarang ini memang ada satu hal yang harus diselesaikan di Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi. Kemudian nanti apabila diserahkan, maka perawatan perawatan bandara ini bisa dilakukan oleh Kementerian Perhubungan.

"Tadi kita sudah menyampaikan kepada Bupati dan Forkopimda, ada satu hal yang harus diselesaikan terkait hal ini, Menhub akan mengkoordinasikan dengan Kementerian Desa terkait pembebasan lahan Bandara, agar Bandara bisa segera diserahkan kepada Kementerian Perhubungan" ujarnya.

Sementara itu, Bupati Rokan Hulu Sukiman mengatakan, proses peralihan aset sudah diajukan ke Kementerian Perhubungan, dan saat ini sedang dalam tahapan pengajuan ke Kementerian Desa.

"Semoga segera terlaksana, kita hanya mengajukan, persetujuannya berada di pihak kementerian," katanya.

Sukiman menambahkan, harapannya dengan secepatnya diserahkan manajemen operasional bandara kepada Kemenhub, maka pelayanan kepada masyarakat akan dapat di tingkatkan, dan dalam waktu yang tidak terlalu lama akan tersedia penerbangan Pasir Pengaraian-Kualanamu Sumut.*