Capaian UHC 95 Persen di Rohul Diupayakan dalam 10 Hari

Capaian UHC 95 Persen di Rohul Diupayakan dalam 10 Hari

11 Oktober 2023
Bupati Rokan Hulu, H Sukiman

Bupati Rokan Hulu, H Sukiman

RIAU1.COM - Seluruh elemen di Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) mulai dari RT, RW, Kadus, Kades, hingga Camat diajak Bupati Sukiman untuk bekerjasama serta bahu membahu untuk mencapai Universal Health Coverage (UHC) di kabupaten tersebut.

Hal tersebut disampaikan bupati saat memimpin rapat percepatan UHC bersama pemangku kepentingan, mulai dari beberapa Kepala Dinas maupun Badan terkait di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Rokan Hulu, Camat, Kades hingga operator di masing-masing Desa, Selasa (10/10/2023).

Dalam pertemuan tersebut juga membahas dan mencari solusi atas persoalan yang dihadapi oleh Pemerintah Desa dalam penginputan UHC di masing-masing wilayah.

"Saat ini capaian UHC kita sampai dengan 1 Oktober 2023 sebesar 81,07 persen atau 457.572 jiwa, sedangkan jumlah penduduk Rokan Hulu sebanyak 564.419 jiwa, target UHC tahun 2023 sebanyak 95 persen atau 536.199 jiwa," jelas Bupati.

Dalam program JKN ini, disampaikan Bupati Sukiman, para Kepala Dinas, BPJS, Camat dan Kepala Desa dan perangkat dapat mendata dan menginventarisir warganya yang kurang mampu dalam ikut keikutsertaan BPJS kesehatan sehingga melengkapi target UHC yang ditetapkan.

"Saya perintahkan kepada Camat dan Kepala Desa untuk benar-benar bisa memberikan pemahaman dan mengawasi secara langsung Operator desa masing-masing Kecamatan dalam program JKN ini. Camat sebagai garda terdepan, juga harus menggerakkan Ibu PKK dalam rangka ikut serta memberikan dorongan kepesertaan JKN BPJS Kesehatan serta dalam mencegah Stunting," harapnya.

Masih Bupati Rokan Hulu, H Sukiman mengatakan telah menargetkan hingga 10 hari kedepan terget UHC 95 persen dapat tercapai sehingga segera dilaporkan ke pusat.

"Oleh karena itu, kita mintakan kepada semuanya untuk saling bahu membahu dalam percepatan UHC ini," tutur bupati.*