Di Rohul, Seribu Patok Batas Tanah akan Dipasang

Di Rohul, Seribu Patok Batas Tanah akan Dipasang

9 Februari 2023
Pemasangan Patok Tanah di Rohul

Pemasangan Patok Tanah di Rohul

RIAU1.COM - Program Pencanangan Gerakan Masyarakat Pemasangan Tanda Batas (Gemapatas) satu juta Patok Batas Bidang Tanah se Indonesia didukung Bupati Rokan Hulu (Rohul) H. Sukiman

Program Nasional ini dicanangkan langsung oleh Menteri ATR/BPN Marsekal TNI Hadi Tjahjanto di Jawa Tengah secara Virtual yang dikuti Bupati Sukiman, sekaligus Pemasangan Patok Batas di Rohul yang dipusatkan di Desa Menaming, Rambah belum lama ini.

Menurut Bupati Sukiman, pemasangan patok tanda batas tanah masyarakat sangat penting. Oleh karena itu dia mengucapkan terima kasih kepada kepala BPN yang telah memberikan patok batas sebagai legalitas atas kepemilikan tanah, sehingga terhindar dari sengketa lahan ditengah masyarakat.

"Hari ini kita melaksanakan Gemapatas secara serentak se Indonesia satu juta Patok Batas Bidang Tanah se Indonesia. Kita berharap nanti khususnya Desa yang mendapatkan jatah untuk PTSL di Desa Menaming siapkan patok batas tanah sesuai waktu yang ditentukan," kata dia.

"Masyarakat dan Pemdes harus ikut serta membantu petugas, batas mana yang akan dipatok, masyarakat perlu ikut serta agar penyelesaian sertifikat ini dapat selesai, dipasang patok di tanah masing-masing," harap Sukiman menambahkan.

"Ini kewajiban pimpinan menyampaikan atau menghimbau masyarakatnya agar rukun dan damai. Dengan adanya Gemapatas ini karena dari fakta lapangan yang terjadi selama ini, sering dijumpai terjadinya tumpang tindih kepemilikan tanah di masyarakat. Terkadang satu sertifikat tanah dimiliki lebih satu orang,” ujarnya

Bupati Sukiman berharap melalui program Gemapatas ini bisa menjadi bagian dari solusi penyelesaian tanda patok di daerah. Serta bisa mengurai persoalan seperti satu sertifikat yang terkadang dikuasai lebih dari satu orang.

"Saya berharap ini kepada bapak dan ibu sekalian, harus mendukung tentang pemasangan patok untuk mencegah jangan sampai bertengkar dan sengketa tanah, sesuai dengan temanya Pasang Patok, Anti Cekcok Anti Caplok," ujarnya.*