Gubri Syamsuar: Kita Tidak Boleh Alergi dengan AI

Gubri Syamsuar: Kita Tidak Boleh Alergi dengan AI

27 Oktober 2023
Sosialisasi pembelajaran berbasis AI di Rokan Hulu

Sosialisasi pembelajaran berbasis AI di Rokan Hulu

RIAU1.COM - Kunjungan kerja sekaligus sosialisasi pembelajaran berbasis kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI) di sekolah, kembali dilakukan 
ubernur Riau (Gubri) Syamsuar. 

Kali ini, SMA 1 Tambusai Rokan Hulu (Rohul) yang mnajadi tujuan Gubri Syamsuar.

"Awalnya di Pekanbaru. Terus roadshow ini mulai dari Kampar untuk mensosialisasikan pembelaan AI. InsyaAllah selanjutnya Dumai, Siak, Pelalawan dan seluruh Kabupaten/kota di Riau," kata Gubri, Kamis 26 Oktober 2023. 

Dia melanjutkan, pendidikan berbasis AI di Provinsi Riau tengah di dorong, sebab di masa yang datang tekhnologi ini sangat diperlukan. 

Kemudian menurut Syamsuar, perkembangan teknologi itu harus diikuti ke arah yang positif, sehingga diharapkan generasi muda Riau mampu bersaing dengan anak-anak dari daerah lain, bahkan dengan negara lain. 

"Tidak bisa tidak, kita tidak boleh alergi dengan AI. Karena di masa yang akan datang seperti itu," ujarnya.

Syamuar melanjutkan, awal menjabat jadi gubernur, ia termasuk gubernur yang diutus waktu itu untuk belajar ke Singapura bersama beberapa gubernur, wali kota lainnya di Indonesia. 

Di Singapura tesebut, kata dia, kemajuan teknologi informasinya sangat luar biasa, bahkan Kantor Bappenas Singapura sudah minim karyawan yang berkantor, dan rata-rata bekerja melalui teknologi informasi. 

Oleh karena itu menurutnya, perlu bagi generasi muda Riau terutama untuk siswa menengah atas untuk berlajar teknologi informasi ini, termasuk AI. Sebab kebutuhan masa yang akan datang sangat menuntut untuk paham bidang tersebut. 

"Apa yang kita pelajari (di Singapura) semua menggunakan IT. Saya sampaikan, kantor Bappenas Singapura hampir tak kelihatan orang, semuanya pakai tombol, itu 5 tahun lalu. SDM Singapura itu pintar," lanjutnya. 

Syamsuar mengaku jika pendidikan menjadi salah satu prioritasnya salam menjabat sebagai Gubernur Riau. Karena menurutnya, jika pendidikannya bagus tentu akan berdampak pada kualitas SDM di Riau.*