Jalan di Rohul Terancam Abrasi, Kades Mengadu ke Gubri Syamsuar

Jalan di Rohul Terancam Abrasi, Kades Mengadu ke Gubri Syamsuar

5 Agustus 2023
Gubri Kunjungan kerja di Rokan Hulu

Gubri Kunjungan kerja di Rokan Hulu

RIAU1.COM - Masalah turap yang dapat menyebabkan abrasi di sungai Rokan disampaikan Kepala Desa (Kades) Kepenuhan Timur, Azhar saat kunjungan kerja Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar ke desa tersebut.

"Kita semua sudah berupaya, namun hasilnya sampai sekarang belum terealisasi Pak Gub. Maka sangat besar harapan kami dengan kehadiran pak Gubernur ke desa ini tentunya menjadi harapan yang sangat kuat dari masyarakat kami," kata Azhar pertengahan pekan ini.

Sambung dia, andai kata turap ini tidak dapat direalisasikan, masyarakat meminta kalau bisa menggunakan bronjong yang akan menahan air. 

"Jarak sungai Rokan ke jalan provinsi hanya tinggal 5 meter, memang rumah masyarakat sudah banyak yang berpindah dari wilayah itu, namun yang sangat urgent adalah akses utama kita karena jalan itu merupakan pintu masuk dari Rohil, Bengkalis, Siak dan Sumatra Utara ke Rohul," papar dia.

Menjawab persoalan itu, Gubri sampaikan, kewenangan terhadap pengerjaan turap sungai Rokan berada pada Kementerian PUPR. Maka, pihaknya akan menyampaikan aspirasi yang disampaikan kepala desa kepada Kementerian PUPR.

"Yang bisa kami bantu adalah merekomendasikannya kepada Menteri PUPR,  agar yang rusak ini mendapat tanggapan sehingga apa yang diharapkan masyarakat dapat terwujud," sebut dia.

Dijelaskan Gubri, jika pengerjaan turap itu dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau, maka akan terjadi persoalan hukum. 

"Kalau kami yang membangun tak bisa pak, karna kewenangannya ada di Menteri PU, kalau kami yang kerjokan bisa masuk penjara," jelasnya.

"Pak Kades buat permohonannya, jadi kami bisa membantu untuk merekomendasikan dan meneruskan ini ke Menteri PU agar menjadi perhatian," tukasnya.*