Masyarakat Rambah Rohul Konsisten Menjaga Tradisi Mandai Ulu Taon

Masyarakat Rambah Rohul Konsisten Menjaga Tradisi Mandai Ulu Taon

24 Mei 2024
Rangkaian acara Mandai Ulu Taon di Rambah Rohul

Rangkaian acara Mandai Ulu Taon di Rambah Rohul

RIAU1.COM - Kegiatan Mandai Ulu Taon di Bagas Rarangan Boru Namora Suri Andung Jati Huta Haiti, Desa Rambah Tengah Barat, Kecamatan Rambah, Kabupaten Rokan Hulu, digelar pekan ini.

Hadir dalam kegiatan tersebut Asisten II Setdakab Kampar, Drs. H. Ibnu Ulya, Kadis Pariwisata dan Kebudayaan H. Helfiskar, dan para tokoh adat serta ratusan warga yang memadati tempat acara berlangsung.

Tradisi Mandai Ulu Taon merupakan kegiatan makan bersama yang dilakukan oleh masyarakat suku Mandailing Rohul. Acara ini dilaksanakan setiap tahun dan merupakan warisan turun temurun yang di lakukan pada hari Rabu.

Asisten II Drs. H. Ibnu Ulya, menyampaikan tujuan acara ini untuk mengingatkan sekaligus melestarikan perjuangan Raja perempuan yang di kenal dengan Boru Namora Suri Andung Jati (Raja wanita asal Tapanuli Selatan).

“Tentu ini perlu kita lestarikan agar nilai-nilai sejarah, nilai adat dan nilai budaya yang dibawa oleh beliau diperjuangkan masa itu dapat kita lanjutkan secara terus-terusan turun temurun,” tutur Suharman.

Asisten II juga berharap dengan adanya acara Mandai Ulu Taon mampu mempersatukan berbagai lapisan masyarakat Desa Rambah melalui khasanah budaya yang terpelihara dari dahulu kala.

"Juga tentu ini merupakan ajang silaturahmi antara tokoh-tokoh adat, raja-raja adat, serta masyarakat. Dengan ada momentum seperti ini kita bisa berdiskusi bagaimana untuk memfungsikan dan memberdayakan nilai-nilai adat ini di Kabupaten Rokan Hulu.” pungkasnya.*