Pelaku Usaha Mikro di Rohul Dapat Pelatihan Khusus

Pelaku Usaha Mikro di Rohul Dapat Pelatihan Khusus

28 Juli 2023
Pelaku usaha yang mendapatkan pelatihan dari Pemkab Rohul

Pelaku usaha yang mendapatkan pelatihan dari Pemkab Rohul

RIAU1.COM - Dinas Koperasi UKM Transmigrasi Dan Tenaga Kerja Rokan Hulu (Rohul) adakan pelatihan kewirausahaan bagi para pelaku usaha mikro di Kabupaten Rohul.

Asisten II Setda Rohul H.Ibnu Ulya mengatakan bahwa para pelaku UMKM tidak sepenuhnya dapat dibantu, akan tetapi patut disyukuri dalam dua tahun ini Kabupaten Rokan Hulu mendapatkan penghargaan dari Pemerintah Pusat terkait pengelolaan keuangan daerah berupa Dana DID.

"Kegiatan yang dilaksanakan pada tahun ini sebenarnya dana luncuran tahun 2022, namun dikarenakan masuknya pada akhir tahun di bulan Desember, maka dapat dilakukan pada tahun 2023 dengan nilai sekitar 11 miliar ditambah dengan sisa tahun sebelumnya sekitar lebih kurang 3 Miliar. Dan penyalurannya dilakukan melalui OPD yang berkaitan dengan UMKM, IKM , Sosial dan Perikanan" papar Asisten II H.Ibnu Ulya.

Dia menambahkan, dibandingkan dengan yang lain, bantuan dari Dinas Koperasi ini lebih jelas dan spesifik, sebab setiap penerima yang diberikan identitas lebih jelas, karena setiap pelaku usaha mikro memiliki nomor usaha masing-masing.

"Setiap pelaku usaha yang terdaftar pada Dinas Koperasi, tentu tidak hanya sekedar mendapatkan bantuan, tapi juga tetap diperhatikan hingga ke bagian pemasaran, dengan tujuan agar ekonomi para pelaku usaha lebih meningkat," sebut dia.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi UKM Transmigrasi dan Tenaga Kerja Rokan Hulu, Zulhendri menjelaskan adapun jumlah para pelaku UMKM yang ada sesuai pendataan dengan Sistem Informasi Data Tunggal (SIDT) Koperasi pada tahun 2022 sebanyak 37 ribu lebih.

"Sejauh ini sejak pandemi Covid-19 lalu, para pelaku UMKM telah mendapatkan bantuan baik dari pusat dan provinsi, sementara dari Kabupaten Rokan Hulu juga telah memberikan bantuan sejak tahun 2022, yang mana sebanyak 520 lebih pelaku usaha, dan tahun 2023 sebanyak 365 pelaku usaha melalui Dana DID," papar dia.*