Pemkab Minta LAMR Rohul Percepat Data Desa Adat

Pemkab Minta LAMR Rohul Percepat Data Desa Adat

23 Mei 2024
Pembukaan Pendataan SDM Kebudayaan dan Data Adat LAMR Rohul

Pembukaan Pendataan SDM Kebudayaan dan Data Adat LAMR Rohul

RIAU1.COM - Pendataan database sumber daya manusia (SDM) kebudayaan dan pemangku adat Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) dibuka 
Wakil Bupati Indra Gunawan di Gedung LKA Kecamatan Tandun, Rabu (22/5/2024).

Wabup Indra Gunawan, gelar Datuk Timbalan Setia Amanah Setio Nugoi dalam arahannya, mengajak seluruh datuk adat bersatu untuk memajukan kebudayaan adat LAMR Rohul kepada cucu kemenakan di Kecamatan Tandun, sehingga budaya dan adat istiadat tidak tergerus dengan perkembangan zaman.

"Kebersamaan membangun Rokan Hulu harus tertanam di jiwa kita, termasuk mempertahankan budaya, dan adat istiadat LAMR jangan sampai tertinggal oleh perkembangan zaman," pesan Wabup.

Kemudian Wabup juga berpesan kepada LAMR Rohul agar memperbaharui administrasi keberadaan LKA yang ada di wilayah Kabupaten Rohul. Karena luhak yang ada di Kabupaten Rohul hanya ada 5 (Luhak Rambah, Kepenuhan, Tambusai, Kunto Darussalam, dan Rokan IV Koto) sementara LKA Ujung Batu, Tandun, dan Kabun belum tahu tergabung ke Luhak mana.

"Saya berharap kedepan ada perbaikan data terhadap keberadaan LKA yang ada dibawah LAMR Rohul. Dari lima Luhak yang ada, LKA Ujung Batu, Tandun, dan Kabun itu masuk kemana?," tanya Wabup.

Wabup Indra Gunawan juga meminta kepada LAMR Rohul agar serius mendata desa adat, dan peningkatan SDM para Datuk-Datuk sebagai pemangku adat di LKA dan desa adat.

"Pendataan Database SDM Kebudayaan dan Pemangku Adat LAMR Rohul ini sangat baik, tentunya kita berharap bersama Implementasi dari kegiatan ini bisa membawa kemajuan buat pengembangan budaya LAMR kedepan," sebut Wabup.

Sementara itu, menurut Datuk Seri H Zulyadaini, kurang lebih 167 desa yang tersebar di wilayah Kabupaten Rohul, yang disebut desa adat jumlahnya tidak seberapa. 

"Jadi kedepan kita upayakan ada pendataan kembali desa-desa yang ada di lingkup LKA kecamatan," kata Zulyadaini.*