Pemkab Rokan Hulu akan Bentuk Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah

Pemkab Rokan Hulu akan Bentuk Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah

24 Maret 2023
Kepala Bappeda Kabupaten Rokan Hulu, Drs. Yusmar

Kepala Bappeda Kabupaten Rokan Hulu, Drs. Yusmar

RIAU1.COM - Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) menggelar sosialisasi Pembentukan Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) belum lama ini.

Sosialisasi tersebut dibuka oleh Kepala Bappeda Kabupaten Rokan Hulu, Drs. Yusmar, mewakili Bupati Rokan Hulu, didampingi Kepala Dinas Sosial P3A H. Damri Poti, yang pada kesempatan tersebut diwakili April Liyadi, Sekretaris Dinsos.

Kepala Bappeda Drs. Yusmar menyambut baik inisiasi pembentukan Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) Kabupaten Rokan Hulu, dan berkaitan dengan perlunya identitas daerah yang memang diangkat dari nilai-nilai sejarah dan budaya setempat.

“Rokan Hulu adalah daerah yang bersifat khusus, karena identitas utamanya berasal dari 3 daerah, Melayu, Sumatera Barat dan Sumatera Utara. Kabupaten lain biasanya hanya punya satu dominasi budaya, sedangkan di Rohul tidak, buktinya ada napihuta (7 kampung), yang berkampung di Rokan Hulu” sebut dia.

“Kemudian Rohul terdiri dari 5 luhak, Tandun dan Kabun ketika itu diserahkan oleh Sultan Siak kepada Raja Rokan Tua. Kemungkinan ada 3 yang dapat kita usulkan sebagai Pahlawan Nasional, Sultan Zainal Abidin dan Tengku Elyas, serta Syeikh Abdul Wahab Rokan dari Rantau Binuang Sakti, beliau mewariskan kepada kita sebuah wasiat yang dikenal dengan wasiat 44.” sambung dia memaparkan.

Loading...

Sementara itu Prof. H. Suwardi dalam paparannya mengungkapkan bahwa, urgensi dibentuknya Tim Peneliti dan Pengkaji Gelar Daerah (TP2GD) adalah bertujuan diantaranya agar tersosialisasikannya prosedur pengusulan tokoh dan pejuang daerah Riau, serta calon Pahlawan Nasional.

"Sejak tahun 2016 sampai dengan 2022 Pemerintah Provinsi Riau setiap tahunnya bertepatan dengan HUT Riau telah menetapkan tokoh dan pejuang daerah Riau sebagai cikal bakal calon Pahlawan Nasional sebanyak 92 orang, 7 orang diantaranya adalah putra-putri terbaik kusuma bangsa yang berasal dari Kabupaten Rokan Hulu," ungkapnya.*