Pengendalian Inflasi di Rohul, Kelompok Tani Desa Giti Berinovasi

Pengendalian Inflasi di Rohul, Kelompok Tani Desa Giti Berinovasi

5 Maret 2023
Lahan pertanian di Desa Giti Rohul

Lahan pertanian di Desa Giti Rohul

RIAU1.COM - Kelompok ternak Ikan Maju panen perdana ikan lele dan launching beras LPM kelompok tani Karya Bersama digelar di Desa Giti kecamatan Kabun pekan ini.

Bupati Rokan Hulu diwakili Kabag Ekonomi Pembangunan Drs Akmal menyampaikan kegiatan ini merupakan bagian dari program pemerintah daerah yang bersumber dari dana BTT dan BID untuk pengendalian inflasi daerah sehingga kebutuhan pangan didaerah bisa stabil.

"Pemerintah daerah melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan memberikan bantuan kepada kelompok-kelompok tani dan ternak yang terdampak inflasi, dengan tujuan daerah tersebut dapat memaksimalkan potensi yang ada dengan mengembangkan potensi daerah lokal dan mandiri," kata dia.

Akmal berharap dengan bantuan yang diberikan, kelompok ternak bisa mandiri dan mengembangkan ekonomi lokal dalam hal ini ikan lele, dan juga dapat merangkul kelompok UMKM yang ada di kecamatan Kabun untuk bisa maju dan bisa membantu masyarakat disekitarnya.

"Kita berharap Kecamatan Kabun dan desa Giti ini khususnya bisa mandiri pangan dan ternak lele bisa berkelanjutan" ujarnya.

Sementata Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan perikanan Barikun, SP mengatakan Dinas ketahanan pangan dan perikanan membawa 3 program unggulan di tahun 2023 dan ketiga program yakni pertama budidaya ikan, ketersediaan dan distribusi pangan, serta P2R, dan ketiga Program tersebut didapatkan oleh kelompok Tani dan Ternak di Kecamatan Kabun.

"Bantuan ini diberikan kepada daerah yang rentan pangan di 12 kecamatan di kabupaten Rokan Hulu salah satunya kecamatan Kabun" ujarnya.*