Rohul akan Miliki MPP Akhir Tahun Ini

Rohul akan Miliki MPP Akhir Tahun Ini

29 Oktober 2023
Kantor DPMPTSP Rohul yang akan dijadikan MPP

Kantor DPMPTSP Rohul yang akan dijadikan MPP

RIAU1.COM - Kabupaten Rokan Hulu (Rohul) akan mendirikan Mall Pelayanan Publik (MPP), yang bertujuan untuk tempat pelayanan bagi masyarakat secara terpusat.

Sebab itu, Perwakilan Ombudsman Provinsi Riau, Bambang melakukan kunjungan ke Kabupaten Rokan Hulu mensurvei lokasi tempat yang akan dipergunakan untuk MPP. 

Bambang menjelaskan, bahwa sejauh ini untuk pelayanan publik di Kabupaten Rokan Hulu masih dilakukan di OPD, oleh karena itu perlunya kenaikan tingkat dalam pelayanan secara satu tempat dan terintegrasi dalam Mal Pelayanan Publik.

"MPP ini berguna untuk mempermudah masyarakat untuk mendapatkan pelayanan, seperti pengurusan nikah dimana jika dilakukan di MPP maka setelah nikah bisa langsung melakukan pemecahan KK dan mendapatkan KK baru, begitu juga dengan pelayanan lainnya seperti pengurusan BPJS jika mati maka dalam pengurusan nya jika sudah ada MPP tidak lagi dilakukan secara terpisah yang dapat memperlambat pengurusan bagi masyarakat dan pelayanan lainnya," papar Bambang.

Kemudian, sambung Bambang, bagi masyarakat yang jauh nanti juga akan diusahakan mendapatkan pelayanan yang dilakukan secara digital dan tinggal datang ke MPP untuk melakukan pengambilan berkas sesuai jadwal yang dipilih dalam aplikasinya.

MPP Rokan Hulu direncanakan diluncurkan pada Desember 2023 sebanyak 14 layanan yang ada di Rokan Hulu.

Plt Kepala DPMPTSP Rokan Hulu Munandar menegaskan bahwa tahap awal ini Kantor DPMPTSP akan digunakan sebagai pusat MPP Kabupaten Rokan Hulu, dan sudah dianggarkan untuk sarana dan prasarananya.

"Berdasarkan pendapat dari Ombudsman, DPMPTSP sudah layak digunakan sebagai pusat MPP Kabupaten Rokan Hulu, dan akan diusahakan launching pada pertengahan Desember 2023 sebanyak 14 layanan secara terpusat," papar dia.*