Rohul Punya Aplikasi E-Strong dan E-Bangkit untuk Turunkan Stunting

Rohul Punya Aplikasi E-Strong dan E-Bangkit untuk Turunkan Stunting

13 Maret 2023
Bupati Rokan Hulu, H Sukiman

Bupati Rokan Hulu, H Sukiman

RIAU1.COM - Bupati H. Sukiman menyebutkan kasus stunting di Rokan Hulu sudah menurun, meskipun belum signifikan, yakni dari 678 anak pada tahun 2021 menjadi 591 di tahun 2022.

"Pada tahun 2021 jumlah anak yang menderita stunting 678 dan pada tahun 2022 mengalami penurunan menjadi 591 anak" kata Sukiman belum lama ini.

Bupati Sukiman menyampaikan berdasarkan data yang diterima pada tanggal 5 Oktober 2022 tidak sesuai dengan keadaan di lapangan, adanya inclusion error (Orang yang tidak berhak mendapat bantuan tapi terdaftar sebagai penerima dan Exclution Error (orang yang berhak tapi tidak terdaftar sebagai penerima).

"Sehingga adanya selisih 14 persen dari data yang ada. Jika dari 100 orang yang terdaftar mendapat bantuan dari data P3KE maka 14 orang diantaranya tidak berhak karena memiliki fasilitas yang layak" ungkap Sukiman.

Oleh karena itu, dalam rangka percepatan penurunan stunting dan penanggulangan kemiskinan ekstrem agar sasaran intervensi dan tindakan yang dilakukan tepat sasaran, maka Kabupaten Rokan Hulu telah mengembangkan 2 aplikasi yakni E-STRONG dan E-BANGKIT.

"Kami Pemerintah sudah mengembangkan aplikasi agar penyaluran bantuan Kemiskinan ekstrem dan stunting tepat sasaran" tutupnya.*