Wabup Indra Gunawan Apresisasi Peran Bumdes di Rokan Hulu

Wabup Indra Gunawan Apresisasi Peran Bumdes di Rokan Hulu

29 Mei 2023
Wakil Bupati Rokan Hulu, Indra Gunawan

Wakil Bupati Rokan Hulu, Indra Gunawan

RIAU1.COM - Musyawarah Besar (Mubes) Aliansi Bumdes dan Buek (ABB) Kabupaten Rokan Hulu dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Rokan Hulu (Rohul) H. Indra Gunawan.

Wabup Rohul H. Indra Gunawan mengucapkan terima kasih kepada seluruh Aliansi Bumdes dan Buek karena seluruh desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Rokan Hulu saat ini telah terbentuk badan usaha desa yang dijadikan sebagai penggerak perekonomian masyarakat di pedesaan.

"Kami merasa bangga dengan keberhasilan dan perkembangan Bumdes dan Buek yang ada di Rokan Hulu ini dan semua tentunya berkat kerja keras dan usaha nyata para pengurus untuk terus meningkatkan ekonomi masyarakat dan Kabupaten Rokan Hulu," kata dia.

Sebagai kabupaten pertama di Indonesia tahun 2009 yang desanya telah membentuk BumDes, Lanjut Wabup, saat ini seluruh desa dan Kelurahan telah terbentuk badan usaha desa dalam rangka melaksanakan otonomi desa.

"Sekali lagi, kami atas nama Pemkab Rohul, sangat mendukung dan menyambut baik diselenggarakannya kegiatan ini. Semoga kegiatan ini, dapat memberikan kontribusi positif dalam upaya pembangunan desa," ujarnya

"Sekaligus motivasi bagi seluruh Bumdes dan Buek sehingga masyarakat yang ada di Kabupaten Rokan Hulu secara langsung dapat meningkatkan pembangunan di wilayahnya masing-masing," harapnya.

Lanjutnya, Keberadaan Bumdes dan Buek ini sangat memberikan manfaat yang besar bagi pemerintah desa maupun masyarakat. diantaranya, meningkatkan pendapatan asli desa (PADes), yang berdampak pada peningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Karena kehadiran Bumdes dan Buek akan membuka peluang kerja bagi masyarakat, serta memberikan pengaruh besar dalam mengembangkan lembaga perekonomian di tingkat desa," terangnya

"Untuk itu, besar harapan kita bersama melalui usaha ekonomi yang bervariasi, bumdes dan buek ini mampu meningkatkan pemberdayaan masyarakat desa. Tidak hanya itu, bumdes dan buek harus mampu mengembangkan diri, mengevaluasi diri, mengkaji sejauh mana kinerja dan capaian yang dicapai dalam memajukan perekonomian desa," harapnya lagi.*